Rabu, 28 Februari 2024

RSUD Cabangbungin Bersama PMI Kabupaten Bekasi Gelar Donor Darah

PEMERINTAHAN   May 19, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 592 Kali


id7257_Compress_20230519_210633_3904.jpg
DONOR : Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cabangbungin berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi dalam rangka menggelar kegiatan donor darah yang bertempat di ruang Loby Rawat Inap RSUD Cabangbungin, Desa Jayalaksana, Kecamatan Cabangbungin, Jumat (19/05/2023).

CABANGBUNGIN - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cabangbungin berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi dalam rangka menggelar kegiatan donor darah yang bertempat di ruang Loby Rawat Inap RSUD Cabangbungin, Desa Jayalaksana, Kecamatan Cabangbungin, Jumat (19/05/2023).

Pada kegiatan tersebut, para pendonor diwajibkan untuk mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu sebelum mendonorkan darah, yang telah disediakan PMI Kabupaten Bekasi untuk dicek riwayat penyakitnya.

Direktur RSUD Cabangbungin, dr. Erni Herdiani mengatakan, kegiatan mulia ini bertujuan untuk membantu dan mensupport PMI agar dapat menambah ketersediaan kantung darah untuk disalurkan di rumah sakit.

"Saat ini Indonesia masih kekurangan 500 ribu kantong darah, karena menurut WHO seharusnya kebutuhan minimal darah di Indonesia sebanyak 2% dari jumlah penduduk atau kira kira sekitar 5,1 juta kantong per tahun. Faktanya saat ini baru tersedia 4,5 juta kantong dari 3,05 juta donor," ujar dr. Erni Herdiani.

"Berdasarkan hal tersebut saya berharap, masyakarat semakin banyak terlibat dan menjadi pendonor. Dan harapan saya semakin banyak lintas sektor yg terlibat sehingga semakin banyak yang bersedia menjadi pendonor," tambahnya.

Erni menambahkan, pada kegiatan kali ini pihaknya menyediakan kuota sebanyak 70 pendonor. Lanjut dia, kegiatan donor darah yang dilakukan selama 3 bulan sekali itu dapat menjadi manfaat bagi sesama serta dapat meminimalisir resiko penyakit.

"Ya, alhamdulillah masyarakat cukup antusias, yang datang mendaftar sejumlah 62 orang dan berhasil terseleksi 49 orang yang memenuhi syarat menjadi pendonor" ungkapnya.

Dirinya berharap, kegiatan ini dapat berlangsung secara rutin serta dapat meningkatkan sinergi dengan PMI Kabupaten Bekasi.

"Harapan saya, kegiatan ini dapat terus ditingkatkan. Kerjasama RSUD Cabangbungin denga PMI sebagai Unit Transfusi Darah dapat semakin ditingkatkan sehingga dapat membantu banyak masyarakat. Saat ini di RSUD juga sudah memiliki Bank Darah Rumah Sakit (BDRS), semoga kerjasama dengan UTD PMI semakin optimal dan kebutuhan darah masyarakat khususnya Kabupaten Bekasi dapat terpenuhi," harapnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Dokter PMI Kabupaten Bekasi, Siti Karyane menyampaikan, pihaknya sudah mendapatkan 49 kantung darah dari target sebanyak 70 kantung darah.

"Kita berterima kasih kepada RSUD Cabangbungin dalam kegiatan donor darah setiap 3 bulan ini. Kita bisa bawa 49 kantung darah dan Alhamdulillah untuk stok darah masih aman," kata dia.

Tak hanya itu, dirinya juga mengajak seluruh pihak untuk terus berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial donor darah. Kegiatan sosial ini tidak hanya sekedar upaya penyelamatan manusia, melainkan juga sebagai wujud nyata dan solidaritas dalam membantu sesama.

Reporter : Refki Maulana

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Diskominfosantik Komitmen Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan Statistik Sektoral
PEMERINTAHAN   Feb 28, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Cegah Kejahatan Jalanan, Pj Bupati Bekasi Instruksikan Camat dan Kades Perketat Keamanan Wilayah
PEMERINTAHAN   Feb 28, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab dan Pemkot Bekasi Kaji Lebih Lanjut Pemanfaatan Aset BMD
PEMERINTAHAN   Feb 27, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Ajak Insan Pers di Kabupaten Bekasi Kokohkan Kehidupan Berdemokrasi
PEMERINTAHAN   Feb 27, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Ajak Warga Semarakkan MTQ Ke-38 Jabar di Kabupaten Bekasi
PEMERINTAHAN   Feb 27, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik