Selasa, 06 Mei 2025

Disambut Positif Masyarakat, Program BOTRAM Disdukcapil Jadi Inspirasi Banyak Daerah

PEMERINTAHAN   May 5, 2025  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 282 Kali


id11561_Compress_20250505_205835_5304.jpg
BOTRAM : Program Berkolaborasi Terus Melayani (BOTRAM) milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi mempermudah akses layanan administrasi kependudukan bagi masyarakat melalui sistem jemput bola terjadwal di seluruh kecamatan. Program ini kini menjadi rujukan bagi sejumlah daerah lain di Indonesia. foto : Refky Maulana

CIKARANG PUSAT – Program Berkolaborasi Terus Melayani (BOTRAM) milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi mempermudah akses layanan administrasi kependudukan bagi masyarakat melalui sistem jemput bola terjadwal di seluruh kecamatan. Program ini kini menjadi rujukan bagi sejumlah daerah lain di Indonesia.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Bekasi, Carwinda, mengatakan bahwa berdasarkan evaluasi internal, masyarakat merespons positif program BOTRAM karena dinilai memudahkan pengurusan dokumen kependudukan, terutama bagi warga yang kesulitan mengakses layanan digital.

“Meskipun belum dilakukan survei menyeluruh, hasil evaluasi internal menunjukkan antusiasme masyarakat cukup tinggi terhadap layanan BOTRAM ini,” ujarnya, Senin (05/05/2025).

Carwinda menjelaskan bahwa layanan jemput bola sangat relevan dengan kondisi di lapangan, mengingat belum semua warga mampu menggunakan platform daring secara optimal.

“Petugas hadir langsung ke kecamatan dan desa untuk memberikan layanan administrasi, perizinan, hingga informasi kependudukan,” tambahnya.

Program BOTRAM juga menarik perhatian daerah lain. Beberapa perwakilan dari kabupaten/kota dan provinsi lain, termasuk DPRD Kalimantan, telah berkunjung untuk mempelajari konsep layanan ini.

“Mereka tertarik untuk mengadopsi pola serupa. Ada yang sudah mengimplementasikan program layanan keliling, tapi umumnya masih bersifat insidental dan belum terjadwal seperti di Bekasi,” jelas Carwinda.

Menurutnya, keunggulan BOTRAM terletak pada kesinambungan dan kolaborasi antar-Perangkat Daerah, yang secara rutin terlibat dalam memberikan layanan langsung kepada masyarakat.

“BOTRAM bukan hanya soal pelayanan, tapi juga soal kolaborasi. Filosofinya dari budaya makan bersama, menjadi semangat melayani bersama,” katanya.

Ke depan, Disdukcapil berencana memperluas jenis layanan yang tersedia dalam BOTRAM serta meningkatkan keterlibatan lintas sektor guna memperkuat pelayanan publik di Kabupaten Bekasi.

Reporter: Refki Maulana

Berita Lainnya

Dinas SDABMBK Targetkan Pembangunan Bendung BSH-0 Kali CBL Rampung November 2025
PEMERINTAHAN   May 5, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kunjungi PT Sanoh dan PT Enkei, Wabup Bekasi Dorong Serapan Tenaga Kerja Lokal
PEMERINTAHAN   May 5, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Disambut Positif Masyarakat, Program BOTRAM Disdukcapil Jadi Inspirasi Banyak Daerah
PEMERINTAHAN   May 5, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ini 4 Prioritas Utama RPJMD Kabupaten Bekasi Tahun 2025-2029
PEMERINTAHAN   May 5, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Sekda Bekasi Apresiasi Satpol PP atas Penertiban 1.315 Bangunan Liar
PEMERINTAHAN   May 5, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik