Kamis, 25 September 2025

Daftar Lewat Aplikasi JKN, Datang Ke Faskes Tidak Perlu Antri Lagi

PEMERINTAHAN   Jun 16, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 32.477 Kali


5IMG_20210616_223701.jpg


CIKARANG SELATAN - Perkembangan teknologi khususnya di bidang kesehatan sudah menjadi tren di masyarakat dimana teknologi tersebut bertujuan pada kemudahan dan simplifikasi pelayanan. 

Begitupun dengan BPJS kesehatan yang terus meningkatkan mutu layanan dalam hal operasional maupun memenuhi kebutuhan stakeholder. Sejalan dengan kemajuan teknologi yang serba digital BPJS Kesehatan menghadirkan aplikasi Mobile JKN pada smartphone.

Aplikasi Mobile JKN dilengkapi dengan fitur atau menu dari tiap fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh BPJS kesehatan kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). 

Salah satu menu di aplikasi Mobile JKN adalah Pendaftaran Pelayanan yang merupakan antrean online adalah solusi atas kasus antrean yang membeludak di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti di Puskesmas atau klinik.

"Penggunaan aplikasi Mobile JKN membuat pasien tidak perlu antre terlalu lama karena cukup mendaftar lewat aplikasi kemudian sudah muncul nomor antrean, dan peserta bisa memperkirakan jam berapa harus datang ke fasilitas kesehatan. Dengan adanya kemudahan pendaftaran antrean di fasilitas kesehatan melalui Mobile JKN ini, kepuasan peserta dapat meningkat ," ujar Kepala Bidang Penjamin Manfaat Primer (PMP) Diana F Bukhari, Rabu (16/06).

Tentunya aplikasi Mobile JKN sebagai solusi yang memberikan kemudahan pelayanan kepada peserta Program JKN-KIS yang menggunakannya. Kedepannya baik itu pasien maupun FKTP sudah memanfaatkan secara maksimal layanan antrean online. Manfaat positif yang dirasakan pasien juga dapat berdampak pada meningkatnya kepuasan peserta terhadap layanan di FKTP.

"Sebagian besar FKTP sudah memanfaatkan antrean online karena manfaat layanan ini bukan hanya di dapatkan pasien tapi FKTP juga berdampak positif seperti upaya pencegahan transmisi Covid-19, mengurangi antrean pendaftaran peserta di FKTP, sistem antrean online otomatis terkoneksi dengan Aplikasi P-Care, dan FKTP terinformasi lebih awal terkait kondisi peserta, karena peserta dapat menuliskan keluhannya di Mobile JKN," tambah Diana.

Dalam penutupannya Diana mengatakan sudah seharusnya masyarakat memanfaatkan aplikasi Mobile JKN untuk mendapatkan kemudahan pelayanan. BPJS Kesehatan terus berfokus pada pengembangan inovasi dalam peningkatan mutu layanan yang akan berdampak pada tingkat kepuasan peserta. 

Reporter : Fuad Fauzi

Editor.     : Tata Jaelani

Berita Lainnya

World Clean Up Day, DLH Angkut Puluhan Ton Sampah di Karangbahagia
PEMERINTAHAN   Sep 23, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Cegah Bullying, DP3A Dorong Dibentuknya Satgas Pencegahan Kekerasan di Setiap Sekolah
PEMERINTAHAN   Sep 23, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
World Clean Up Day 2025, Pemkab Bekasi Gaungkan Gerakan Bersih Lingkungan
PEMERINTAHAN   Sep 20, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Punya Bus Trans Wibawamukti dan Angkot Ber-AC, Wagub Jabar Apresiasi Inovasi Pemkab Bekasi
PEMERINTAHAN   Sep 20, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kado Istimewa Hari Tani Nasional 2025, Bupati Ade Kunang Persembahkan Perda LP2B untuk Sejahterakan Petani
PEMERINTAHAN   Sep 19, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik