Sabtu, 18 Mei 2024

Polsek Cibarusah Gandeng Sekolah Antisipasi Kenakalan Pelajar

PENDIDIKAN   Mar 6, 2024  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 241 Kali


id9254_WhatsApp Image 2024-03-06 at 15.50.44.jpeg
KENAKALAN PELAJAR : Guna mencegah aksi kekerasan atau kenakalan pelajar, Polsek Cibarusah menggelar kegiatan rapat koordinasi bersama Lembaga Pendidikan dari sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Cibarusah dan Bojongmangu, di Aula Mapolsek Cibarusah pada Rabu (06/03/2024). foto Soni Suganda

CIBARUSAH - Guna mencegah aksi kekerasan atau kenakalan pelajar, Polsek Cibarusah menggelar kegiatan rapat koordinasi bersama Lembaga Pendidikan dari sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Cibarusah dan Bojongmangu, di Aula Mapolsek Cibarusah pada Rabu (06/03/2024).

Kegiatan tersebut, di pimpin langsung Kapolsek Cibarusah, AKP Yendrizen, di hadiri juga  Kanit Binmas Polsek Cibarusah Iptu Rianto, Ketua Forum Sekolah Cibarusah dan Bojongmangu, Rudi Hartono dan perwakilan sekolah-sekolah se-Kecamatan Cibarusah dan Bojongmangu.

Kapolsek Cibarusah, AKP Yendrizen menyapaikan, Kenakalan remaja tentunya harus sama-sama diantisipasi dan dilakukan pembinaan walaupun sebelumnya sudah dilakukan. Para pemangku kepentingan di dunia pendidikan harus melakukan perbaikan dan pembenahan kenakalan pelajar ini dengan cara bersinergi dengan Kepolisian.

“Belakangan ini kita mendapatkan informasi kurang menyenangkan terkait kenakalan dan kekerasan pelajar dan tentunya harus segera diantisipasi,” katanya.

AKP Yendrizen juga menjelaskan jika ada dua penyebab kenakalan remaja, yakni delikuensi situasional atau perilaku menyimpang yang dilakukan anak-anak. Prilaku itu dipengaruhi oleh faktor ketakutan teman sebaya.

Selain itu, delikuensi sistemik yaitu perilaku menyimpang yang telah disistematisir dalam suatu kelompok atau gang dan dibenarkan oleh segenap anggota kelompok atau gang tersebut.

“Semua itu berawal dari faktor eksternal antara lain lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah,” terangnya.

AKP Yendrizen juga menyapaikan ada beberapa kasus kenakalan pelajar seperti tawuran yang bahkan dengan sengaja disiaran langsung atau di posting di media sosial. Sehingga muncul diberbagai pemberitaan dan memprihatinkan.

“Para pembina siswa dan guru, mari sama-sama lakukan antisipasi, meskipun yakin sudah dilakukan guru mari perkuat lagi bersama Kepolisian,” katanya.

AKP Yendrizen juga menyapaikan, antisipasi yang perlu dilakukan di antaranya dibentuk forum sekolah sebagai wadah informasi antara pihak sekolah dengan Polisi.

”Mari lakukan penguatan dan kolaborasi, mari tata anak didik kita, mohon untuk memberikan informasi sekecil apapun kepada kami, agar setiap ada masalah kita bisa lakukan antisipasi,” tandasnya.

Reporter : Soni Suganda

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Gelar IKP Goes To School Ke-2, Diskominfosantik Kenalkan Literasi Digital untuk Pelajar
PENDIDIKAN   May 16, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
167 Siswa SMPN 1 Sukakarya Ikuti PSAJ 2024 Berbasis Online
PENDIDIKAN   May 16, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Disdik Kabupaten Bekasi Imbau Kepala Sekolah Arahkan Kegiatan Outing Class Bernilai Edukasi
PENDIDIKAN   May 15, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Program Polisi Sahabat Anak, Polsek Cikarang Timur Terima Kunjungan Paud Annisa
PENDIDIKAN   May 14, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Jadikan Sampah Bernilai Ekonomis, SMAN 1 Sukakarya Dirikan Bank Sampah
PENDIDIKAN   May 14, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik