Kamis, 25 April 2024

Manfaatkan TKD, Desa Cibening Canangkan Desa Wisata

PEMERINTAHAN   Feb 10, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.426 Kali


id6628_Compress_20230210_155035_5472.jpg
CIBENING CANANGKAN DESA WISATA : Pj Kepala Desa Cibening, Abdul Rachmat meninjau lokasi Taman Waluh yang menjadi konsep desa wisata di Desa Cibening.

SETU – Pemerintah Desa Cibening Kecamatan Setu, mencanangkan wilayahnya sebagai Desa Wisata dengan memanfaatkan Tanah Kas Desa (TKD). Mengusung konsep Taman Waluh, Pemdes Cibening berupaya memanfaatkan tanah milik desa tersebut sebagai sarana rekreasi warga lokal.

“Tanah yang menjadi aset desa ini, memiliki potensi yang sangat luar biasa. Oleh sebab itulah kita canangkan sebagai Desa Wisata, sebagai tempat rekreasi bagi warga Desa Cibening khususnya, dan masyarakat umum lainnya,” ucap Penjabat Kepala Desa Cibening, Abdul Rachmat, Jumat (10/02/23).

Abdul Rachmat mengatakan, TKD milik Desa Cibening memiliki luas mencapai tiga hektar yang saat ini kondisinya sedang dalam proses penataan dan pengembangan, sebelum nantinya dapat digunakan dan dinikmati sebagai tempat healing masyarakat lokal.

“Mudah-mudahan di awal Bulan Maret nanti proses penataan dan pengembangannya sudah selesai, sehingga masyarakat dapat secepatnya memiliki destinasi wisata yang jarak dan biayanya terjangkau. Saat ini di lokasi tersebut sudah ada Gazebo Taman, Lapangan Voli, Kolam Ikan, dan Taman Bermain Ramah Anak,” katanya.

Selain letaknya yang strategis, Rachmat mengungkapkan, Desa Cibening memiliki keindahan alam yang masih terjaga keasriannya. Sebagian besar wilayahnya, terdapat area pesawahan, perkebunan dan pepohonan. Atas dasar itu juga, diyakini dengan mencanangkan Desa Wisata diharapkan pemerintah desa dapat memanfaatkan ruang terbuka hijau sebagai sarana umum sehingga lebih terasa manfaatnya.

“Secara konsep koridornya memang sudah sangat tepat, dimana tanah kas desa ini sejalur dengan area pesawahan dan perkebunan. Ada juga makam bersejarah yang menjadi wisata religi, serta nantinya juga akan ada spot-spot foto di sepanjang jalan desa yang akan dihiasi dengan mural, kemudian kantor desa itu sendiri barulah Taman Waluh ini,” tambahnya.

Taman Waluh sendiri, lanjut Rachmat, rencananya akan dibuka untuk umum, khusus di akhir pekan saja atau pada hari Sabtu-Minggu. Disamping itu, hadirnya Taman Waluh ini diharapkan dapat membawa efek domino untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. 

“Tentu kita berharap dapat menggerakkan perekonomian warga lokal kita. Nanti di sana ada stand UMKM yang bisa kita kelola, atau kita gandeng juga BUMDes agar Desa Wisata ini bisa mendorong kebangkitan ekonomi masyarakat maupun menambah pendapatan asli desa,” ujarnya.

Reporter : Nur Rachman Akbar

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Jaga Kesehatan Peserta MTQ, PMI Kabupaten Bekasi Siagakan Ambulans dan Tim Medis
PEMERINTAHAN   Apr 25, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Tekankan Pentingnya Inovasi dan Teknologi dalam Penanggulangan Bencana
PEMERINTAHAN   Apr 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ade Muksin Terpilih Sebagai Ketua PWI Bekasi Periode 2024-2027, Pemkab Bekasi Beri Selamat
PEMERINTAHAN   Apr 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Cegah DBD Kepala Puskesmas Sukadami Ajak Masyarakat Budayakan PHBS
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Sukseskan MTQ ke-38 Jawa Barat, Pemkab Bekasi Gerakkan Perangkat Daerah dan Unsur Masyarakat
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik