Rabu, 08 Februari 2023

Inovasi Tim Amfibi DLH Berbuah Penghargaan

PEMERINTAHAN   Sep 20, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 305 Kali


id5689_WhatsApp Image 2022-09-19 at 17.23.07 (1).jpeg
BERBINCANG: Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Rahmat Atong berbincang akrab dengan salah satu anggota tim amfibi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi. FOTO: NURACHMAN AKBAR/NEWSROOM DISKOMINFOSANTIK KAB BEKASI.

CIKARANG PUSAT – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi meraih penghargaan pada Lomba Inovasi Perangkat Daerah Tingkat Kabupaten Bekasi, yang secara langsung diberikan oleh Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan usai Apel Korpri di Lapangan Plaza Pemda Kabupaten Bekasi, Senin (19/09/22) pagi.

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Rahmat Atong menyambut baik penghargaan yang diterima oleh DLH melalui inovasi Tim Amphibi DLH Anti Sampah Permukaan Sungai yang masuk dalam nominasi 10 besar Lomba Inovasi Perangkat Daerah Tingkat Kabupaten Bekasi.

“Penghargaan ini merupakan apresiasi yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada para petugas kebersihan (Tim Amfibi) atas kinerjanya yang telah terbukti mampu mengatasi permasalahan sampah sungai di beberapa wilayah Kabupaten Bekasi sebagai dan menjadi salah satu inovasi terbaik tahun 2022,” ucap Atong.

Atong menjelaskan tujuan inovasi dibentuknya Tim Amfibi Anti Sampah Permukaan Sungai adalah langkah responsif DLH dalam mengatasi permasalahan sampah yang ada di permukaan sungai yang kerap menjadi sumber masalah seperti banjir dan pencemaran sungai.

“Mereka adalah para petugas kebersihan yang memiliki skill khusus yang mampu bekerja di perairan arus deras maupun air dalam. Tim Amfibi ini telah lolos seleksi dan dilengkapi peralatan yang cukup memumpuni serta teruji di beberapa sungai di Kabupaten Bekasi,” katanya.

Sejauh ini, sepak terjang Tim Amfibi dalam mengatasi permasalahan sampah-sampah yang ada di permukaan sungai sangat efektif. Terbaru Tim Bayawak yang juga merupakan bagian dari Tim Amfibi berhasil membersihkan Sungai Cikarang Hilir dan Kali Jambe secara maraton dengan total sampah yang berhasil diangkut ke permukaan mencapai ratusan ton.

“Tim Amfibi ini merupakan induk dari tim-tim lainnya yang tersebar di masing-masing UPTD Kebersihan di wilayah. Misalnya, Tim Kepiting Muara UPTD Kebersihan Wilayah 1, Tim Bayawak UPTD Kebersihan Wilayah 2, Tim Baya UPTD Kebersihan Wilayah 3, Tim Brang-Brang UPTD Kebersihan Wilayah 4, Tim Sapu-Sapu UPTD Kebersihan Wilayah 5 dan Tim Penyu UPTD Kebersihan Wilayah 6,” ujarnya. (*)

REPORTER: NURACHMAN AKBAR

EDITOR: TATA JAELANI

 

Berita Lainnya

Camat Cibarusah bersama Bapenda Percepat Distribusi SPPT ke Tujuh Desa
PEMERINTAHAN   Feb 7, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Serahkan Tiga Wilayah Pelayanan PDAM Tirta Bhagasasi ke Pemkot Bekasi
PEMERINTAHAN   Feb 7, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi : Meningkatnya Dana Desa Harus Diiringi Peningkatan Kualitas Pembangunan
PEMERINTAHAN   Feb 7, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Cover Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Buruh Tani dan Pekerja Rentan
PEMERINTAHAN   Feb 7, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Desa Sukadami Tetapkan 50 Orang Penerima BLT Dana Desa
PEMERINTAHAN   Feb 6, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik