Minggu, 29 Januari 2023

Bawaslu Kabupaten Bekasi Rekrut Panwaslu Desa/Kelurahan

UMUM   Jan 11, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 7.054 Kali


id6472_WhatsApp Image 2023-01-11 at 19.15.33.jpeg
Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi, Syaiful Bachri (tujuh kiri) berdampingan dengan Ketua KPU Kab Bekasi, Jajang Wahyudin saat menghadiri Upacara Netralitas ASN, di Plaza Pemda, Kecamatan Cikarang Pusat

CIKARANG PUSAT – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi membuka recruitment  anggota panitia pengawas pemilihan umum (Panwaslu) tingkat desa dan Kelurahan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi Syaiful Bachri mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan tahapan, rekrutmen Panwaslu kelurahan/desa. Proses rekrutmen Panwaslu kelurahan desa dilaksanakan oleh Panwaslu kecamatan.

“Sedang berlangsung dan pada saat ini tahapan pengumuman pendaftaran calon PKD (Panwaslu Kelurahan dan Desa) dari 9-13 Januari 2023, selanjutnya pendaftaran dimulai tgl 14-19 Januari 2023,” ujarnya. 

Lebih lanjut, kata dia, pengawas di tingkat desa dan kelurahan, untuk persiapan menghadapi Pemilukada 2024. Bisa dipastikan, setiap desa akan memiliki satu orang Panwaslu. 

Tugas wewenang Panwaslu kelurahan desa sebagaimana disebutkan dalam UU No.7 tahun 2017 mengawasi pelaksanaan tahapan penyelenggaraan Pemilu di wilayah kelurahan desa, mencegah terjadinya praktik politik uang, mengawasi netralitas semua pihak yang dilarang ikut serta dalam kegiatan kampanye di wilayah kelurahan desa.

“Jumlah Panwaslu kelurahan/desa satu orang. Panwas tingkat desa juga bertugas dan ikut mengawasi tahapan pemutakhiran data pemilih berdasarkan data kependudukan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan daftar pemilih hasil perbaikan di tingkat desa dan kelurahan,” jelasnya.

Reporter : Dani Ibrahim

Editor : Fuad Fauzi

 

Berita Lainnya

Jalan Kalimalang Mulus Kembali, Masyarakat Apresiasi Pemkab Bekasi
UMUM   Jan 17, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bawaslu Kabupaten Bekasi Rekrut Panwaslu Desa/Kelurahan
UMUM   Jan 11, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
1.428 Calon Anggota PPS Jalani Tes CAT
UMUM   Jan 11, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Lantik 6 Pejabat Struktural dan 29 Pejabat Fungsional
UMUM   Dec 29, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Program Multicultural Library, Pj Bupati Dani Ramdan Terima Kunjungan KB Kookmin Bank
UMUM   Dec 23, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik