Jumat, 14 Juni 2024

Aparat Desa dan RT/RW di Kecamatan Babelan Ikuti Pembinaan Administrasi Pelayanan Publik

UMUM   Jun 8, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 610 Kali


id7396_Compress_20230608_164403_3406.jpg


BABELAN - Pemerintah Kecamatan Babelan menggelar kegiatan pembinaan administrasi pelayanan publik bagi aparatur desa/kelurahan se-Kecamatan Babelan, yang berlangsung di aula kecamatan setempat, pada Kamis (08/06/2023).

Acara yang menghadirkan nara sumber dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi itu diikuti oleh RT/RW) dan staf pelayanan desa/kelurahan se-Kecamatan Babelan. 

Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Publik Kecamatan Babelan, Wawan Rohawan menjelaskan, kegiatan itu bertujuan agar aparatur desa dan kelurahan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, terutama dalam membantu masyarakat mengurus dokumen kependudukan. 

"Intinya kita memberikan tambahan wawasan kepada aparatur desa/kelurahan, termasuk RT dan RW, akan pentingnya masalah adminitrasi kependudukan serta pelayanan publik, apalagi ini menghadapi Pemilu 2024, dimana kita harus tertib administrasi kependudukan," ujarnya. 

Dirinya berharap setelah mengikuti pembinaan ini, mereka dapat membantu warga di wilayah tempat tinggal masing-masing, terutama yang belum memiliki indentitas kependudukan seperti KTP, KK, Akte Kelahiran, Kartu Indentitas Anak (KIA) dan Akte Kematian. 

"Ya, selama ini banyak warga yang tinggal di Kecamatan Babelan, tapi belum mempunyai KTP Kabupaten Bekasi. Mereka harus dibantu agar segera membuat KTP supaya tidak terjadi hal yang tidak di inginkan," ucapnya. 

Pihaknya mengimbau masyarakat yang mempunyai anak usia 17 tahun agar dapat membuat indentitas kependudukan yang ada di pelayanan Kecamatan Babelan. 

"Sehingga nanti pada Pemilu 2024 mereka punya hak pilih dan bisa ikut memberikan suaranya di TPS," ujarnya.

Sementara itu, Analis Kebijakan Ahli Muda Disdukcapil Kabupaten Bekasi, Irma Gustini mengatakan, pembinaan administrasi pelayanan publik bertujuan agar RT, RW dan aparatur desa/kelurahan paham dalam mengurus dokumen administrasi kependudukan dan membantu masyarakat.  

Sejauh ini, lanjut Irma, Disdukcapil Kabupaten Bekasi sudah berupaya memberikan pelayanan terbaik, bahkan jemput bola ke rumah sakit, desa dan sekolah. 

"Kami berharap setelah pembinaan ini, pelayanan publik di Kecamatan Babelan, khususnya administrasi kependudukan dapat lebih cepat dan lebih baik lagi," ucapnya. 

Reporter : M. Reza

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Sukseskan Pilkada 2024, PPS Kedungwaringin Buka Rekrutmen 40 Pantarlih
UMUM   Jun 14, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
KPU Kabupaten Bekasi Buka Rekrutmen 8.180 Pantarlih untuk Pilkada 2024
UMUM   Jun 14, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Jelang Pilkada 2024, Camat Cibitung Bahas Kesiapan Bersama Kepala Desa
UMUM   Jun 14, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
PPK Sukatani  Petakan TPS dan Data Pemilih Untuk Pilkada Kabupaten Bekasi
UMUM   Jun 12, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bawaslu Kabupaten Bekasi Awasi Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2024
UMUM   Jun 12, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik