Rabu, 24 Juli 2024

Siap Geser Dominasi Kota Bandung, Kafilah Kabupaten Bekasi Berjuang di Babak Final

MTQ KE-38 JABAR   May 4, 2024  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 270 Kali


id9618_Compress_20240504_143152_2565.jpg
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan didampingi Ketua Harian LPTQ, KH. Enjuk Marjuki menyemangati Kafilah Kabupaten Bekasi yang tampil di babak final MTQ ke-38 Jawa Barat, Jumat (3/5/2024). Foto : Endar Raziq/Newsroom Diskominfosantik.

CIKARANG PUSAT - Memasuki babak penentu dalam ajang Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Provinsi Jawa Barat ke-38, para finalis terbaik asal Kabupaten Bekasi hari ini saling unjuk kemampuan untuk mengunci gelar juara pertama demi mencapai target sebagai juara umum MTQ Jabar. 

Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Bekasi, H. Enjuk Marjuki mengatakan, para finalis asal Kabupaten Bekasi berhasil menembus babak final dengan jumlah yang cukup banyak. Hal itu menambah optimisme tinggi untuk menggeser dominasi Kota Bandung yang sudah 9 kali berturut-turut menjadi juara umum sejak MTQ Jawa Barat ke-29. 

"Kami mengukur dari sekian banyak finalis kita yang tembus ke final, kita mengunci 15 sampai 20 peserta ini mudah-mudahan meraih medali emas atau juara 1," ucap Enjuk, saat meninjau venue cabang tahfidz di Aula Kantor Baznas Kabupaten Bekasi, pada Sabtu (04/05/2024).

Enjuk menegaskan bahwa dirinya cukup puas dengan hasil yang diraih oleh para peserta dari Kabupaten Bekasi yang berhasil menembus babak final. Melihat dari jumlah peserta yang tembus ke final dari jumlah total kafilah asal Kabupaten Bekasi sebanyak 70 peserta.

"Alhamdulillah peserta dari Kabupaten Bekasi banyak yang masuk babak Final dan ini merupakan bagian dari hasil ikhtiar kita, melalui pembinaan dan doa dari para pembina dan guru-guru," katanya.

Ia menuturkan, dalam menghadapi MTQ ke-38 Jawa Barat tahun 2024, Kabupaten Bekasi telah melakukan persiapan matang dan melalui proses panjang. Dimulai dengan perekrutan melalui MTQ Tingkat Kabupaten Bekasi dimana utusan terbaik seluruh kecamatan se-Kabupaten Bekasi turut serta. Hingga serangkaian pembinaan dan karantina kafilah yang terpilih mewakili Kabupaten Bekasi. 

"Memang kita sempat bongkar pasang peserta karena target kita juara umum. Kita terus menyeleksi bibit-bibit unggul di Kabupaten Bekasi sehingga terbentuk komposisi 70 peserta kemudian 20 pembina dan 10 official serta 20 panitia pendamping," terangnya. 

Enjuk berharap, dengan ikhtiar serta pembinaan yang intensif dilakukan sebelumnya, ditambah doa dari para pembina, para guru serta dukungan penuh masyarakat Kabupaten Bekasi. Target Juara Umum MTQ Ke-38 Tingkat Jabar dapat diraih oleh Kafilah Kabupaten Bekasi. 

"Mudah-mudahan pada pengumuman nanti Kabupaten Bekasi dinyatakan sebagai Juara Umum MTQ Ke-38 ini, Insya Allah. Dan satu point penting lainnya adalah ini bukan hanya sekedar musabaqoh tetapi ini juga adalah syi'ar dan dakwah Al-Qur'an kepada masyarakat pada umumnya," pungkasnya.

Reporter : Arif Tiarno

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Buku Karya Tulis Ilmiah Al-Quran Hasil MTQ Jabar Dibagikan ke Masjid dan Perpustakaan Kampus
MTQ KE-38 JABAR   May 7, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ini Para Peserta Terbaik yang Mengantarkan Kabupaten Bekasi Juara Umum MTQ Jabar 2024
MTQ KE-38 JABAR   May 5, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ini Peringkat Prestasi Daerah pada MTQ ke-38 Tingkat Jawa Barat 2024
MTQ KE-38 JABAR   May 5, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Prestasi Juara Umum MTQ Jabar untuk Kabupaten Bekasi Hasil Kerja Keras Selama Dua Tahun
MTQ KE-38 JABAR   May 5, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Sekda Jabar : Kabupaten Bekasi Penyelenggara Terbaik Sepanjang Sejarah MTQ Jabar
MTQ KE-38 JABAR   May 5, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik