Minggu, 27 Juli 2025

Usung Inovasi Rusa Berlian

RSUD Cabangbungin Masuk Top Finalis Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional

PEMERINTAHAN   Jul 26, 2025  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.894 Kali


id11937_IMG-20250726-WA0040.jpg
Kunjungan kerja Wakil Bupati Bekasi Asep Surya Atmaja bersama kepala perangkat daerah terkait, saat meninjau persiapan peningkatan kelas RSUD Cabangbungin menuju Kelas C, Selasa (22/4/2025).

JAKARTA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cabangbungin berhasil masuk sebagai Top Finalis Inovasi Pelayanan Publik tingkat Nasional dengan mengusung Inovasi RUSA BERLIAN (Rumah Sakit Berorientasi Pelayanan) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) tahun 2025.

Direktur RSUD Cabangbungin, dr. Erni Herdiani menyampaikan rasa syukur atas pencapaian tersebut dan berharap rumah sakit yang dipimpinnya dapat meraih prestasi terbaik di tingkat Nasional. 

"Alhamdulillah, kami merasa sangat bersyukur, karena semua kerja keras RSUD Cabangbungin dihargai dan mendapat apresiasi tinggi sehingga masuk final Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2025, dan untuk sampai ke tingkat Nasional ini tidak mudah," kata dr. Erni Herdiani, kepada bekasikab.go.id, Sabtu (26/7/2025). 

Erni mengatakan, masuknya RSUD Cabangbungin sebagai top finalis tingkat Nasional merupakan hasil kolaborasi seluruh elemen, baik internal RSUD maupun eksternal. 

"Tentu ini juga berkat support yang besar dari Bapak Bupati Bekasi dan Wakil Bupati dan seluruh perangkat daerah, diantaranya Dinkes, Balitbangda, Ortala, Diskominfosantik, BKPSDM, Inspektorat, dan banyak lainnya yang membantu," ujarnya. 

Selain itu, Erni menambahkan, lebih dari 30 stakeholder juga bekerja sama dengan RSUD Cabangbungin, termasuk dari unsur Pentahelix, baik akademisi, pelaku bisnis, komunitas dan media. 

Menurutnya, masukan dan saran serta kritik membangun dari berbagai pihak sangat berperan penting dalam menyukseskan Inovasi Rusa Berlian ini. 

"Kami berupaya untuk memenuhi semua kebutuhan masyarakat terkait layanan rujukan kesehatan. Dengan keterbatasan yang kami miliki, kami tetap bersemangat untuk terus melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya," tandasnya. 

Lebih lanjut Erni menuturkan, inovasi Rusa Berlian lahir karena RSUD Cabangbungin ingin memberi layanan terbaik di wilayah utara Kabupaten Bekasi yang aksesnya jauh dari pusat kota. 

"Saat saya ditugaskan di RSUD Cabangbungin tahun 2023, saya melihat bahwa pemanfaatan rumah sakit ini belum optimal, ini ditandai dengan Bed Occupancy Rate (BOR) yang hanya 17,8 persen. Padahal idealnya adalah 60-80 persen. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat belum sepenuhnya memanfaatkan RSUD Cabangbungin dengan baik," terangnya. 

Setelah dianalisa, lanjut Erni, didapatkan kesimpulan bahwa RSUD Cabangbungin harus melakukan transformasi pelayanan dengan inovasi sehingga masyarakat mendapat informasi yang cukup tentang layanan RS, dengan lebih meningkatkan kompetensi, kecepatan pelayanan dan memberikan pelayan prima (service excellent). Sehingga lahirlah Inovasi Rumah Sakit Berorientasi Pelayanan (Rusa Berlian). 

"Inovasi Rusa Berlian ini awalnya ada 14 inovasi di bidang manajemen, pelayanan dan penunjang medis. Sekarang sudah berkembang menjadi 17 inovasi dan terus berkembang," kata Erni. 

Beberapa inovasi yang tergabung di Rusa Berlian sudah diterapkan di RSUD Cabangbungin sebelum tahun 2023. Kemudian direvitalisasi kembali dan ditambah dengan inovasi-inovasi baru yang terintegrasi dan dimonitor secara berkala. 

"Dengan brand Rusa Berlian yang sudah terdaftar Hak Kekayaan Intelektualnya di Kemenkumham, RSUD menginisiasi ini dari mulai pertengahan 2023 dan terus berkembang sampai sekarang," ujarnya. 

Erni mengatakan, dampak nyata yang dirasakan oleh pasien dan masyarakat setelah inovasi ini dijalankan, diantaranya layanan rujukan kesehatan sudah dapat dirasakan keberadaannya di wilayah utara Kabupaten Bekasi. 

"Sebelumnya banyak yang tidak mengetahui atau tidak merasakan keberadaan RSUD Cabangbungin," jelasnya. 

Selain itu inovasi ini juga meningkatkan akses layanan kesehatan rujukan, karena sekarang sudah semakin banyak layanan unggulannya. Para pasien lebih banyak dapat dilayani di RSUD Cabangbungin, dan tidak harus selalu dirujuk ke RS lain. 

Masyarakat juga mendapatkan layanan lebih cepat, tepat dan efisien. Karena kompetensi dan service excellent terus diupayakan dan ditingkatkan.

"Alhamdulillah masyarakat jadi lebih nyaman berobat di RSUD Cabangbungin. Ini dapat terlihat dengan semakin meningkatnya Indeks Kepuasan Masyarakat, dari hanya 84,05 di tahun 2022 sekarang sudah 93,07 dengan kategori sangat baik," terangnya. 

Editor : Yus Ismail

Berita Lainnya

Sabtu Seru di Botram Desa Karangrahayu, Kolaborasi Layanan Publik dan Hiburan Rakyat
PEMERINTAHAN   Jul 26, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
RSUD Cabangbungin Masuk Top Finalis Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional
PEMERINTAHAN   Jul 26, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pisah Sambut Kajari, Bupati Ade Kunang Tegaskan Komitmen Sinergi Wujudkan Good Governance
PEMERINTAHAN   Jul 26, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Resmi Diluncurkan, Ini Makna Logo Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-75
PEMERINTAHAN   Jul 24, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Diskominfosantik : Logo Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-75 Bisa Digunakan Secara Luas oleh Masyarakat
PEMERINTAHAN   Jul 24, 2025   Posted by: Newsroom Diskominfosantik