Kamis, 13 Juni 2024

Peringati Harkitnas ke-116, Camat Muaragembong : Fase Kebangkitan Kedua di Era Kemajuan Teknologi

PEMERINTAHAN   May 20, 2024  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 143 Kali


id9725_WhatsApp Image 2024-05-20 at 14.43.11.jpeg
HARKITNAS : Kecamatan Muaragembong melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-116 tahun bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Muaragembong pada Senin, (20/05/2024). foto Refky Maulana

MUARAGEMBONG - Kecamatan Muaragembong melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-116 tahun bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Muaragembong pada Senin, (20/05/2024).

Dalam upacara Harkitnas ke-116 tahun ini dipimpin langsung oleh Camat Muaragembong, Sukarmawan selaku inspektur upacara.

Camat Muaragembong, Sukarmawan menjelaskan, Harkitnas ke-116 mengusung tema bertajuk "Kebangkitan kedua menuju Indonesia emas 2045". Menurutnya masa emas Kecamatan Muaragembong ditandai dengan terealisasinya pembangunan Jembatan Kuning sebagai ikon Muaragembong yang bermanfaat.

Pembangunan jembatan tersebut, sambungnya, tidak hanya berfungsi sebagai penghubung manusia antar desa, melainkan sebagai konektivitas ekonomi dan wilayah antar kabupaten. Dimana masing-masing desa di Muaragembong mempunyai potensi Pertanian, Perikanan, dan Wisata Bahari.

"Tidak hanya menghubungkan di dua desa, dan juga bisa bermanfaat untuk kabupaten tetangga yaitu Kabupaten Karawang dan wilayah sekitarnya untuk bisa terhubung ke destinasi Wisata Muaragembong seperti Pantai Bungin, Wisata Hutan Mangrove, Wisata Lutung Jawa dan akan menjadi Wisata Bahari Muaragembong sesuai dengan Inovasi Kecamatan Muaragembong," ujarnya dalam sambutan.

Selain itu, kata dia, bahwa Indonesia saat ini berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan tongkat estafet semangat kebangkitan pertama yang telah diperjuangkan para pendiri bangsa. Bangsa Indonesia kini tengah dihadapkan oleh tantangan dan peluang baru di era kemajuan teknologi.

Lebih lanjut, kemajuan teknologi telah menghampiri aspek kehidupan sehari-hari dan menjadi bagian dari peradaban saat ini. Dimana inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner. Maka dari itu, penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan untuk menyongsong Indonesia Emas.

"Hari ini, kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru," jelasnya.

Dia berharap, melalui Harkitnas hari ini, dapat menjadi momentum dalam menatap masa depan bangsa dengan penuh optimisme. Baik dari sisi potensi Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, bonus demografi, serta transformasi digital yang menjadi modal dasar untuk bangkit menuju Indonesia Emas 2045.

"Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata, momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa. Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu," tuturnya.

Turut hadir dalam upacara tersebut, di antaranya unsur Forkopimcam Muaragembong, Danramil 03 Cabangbungin, Kapolsek Muaragembong, aparatur desa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, para pelajar, serta unsur lainnya.

Reporter : Refki Maulana

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Bapenda Kabupaten Bekasi Perkuat Tim, Genjot Potensi Pajak di Semua Sektor
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Maksimalkan Pelayanan Publik, Kecamatan Muaragembong Hadirkan Inovasi Yanmas Mugeri
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Optimalkan PAD dan Piutang, Pemkab Bekasi Gelar Rapat Implementasi Pemungutan Retribusi Daerah
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Diskominfosantik Gelar Kegiatan Analis dan Diseminasi Data Statistik Sektoral
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Indeks SPBE Kabupaten Bekasi Naik Signifikan, Diskominfosantik Jadi Pembicara di BRIN
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik