Kamis, 13 Juni 2024

Pemkab Bekasi Komitmen Manfaatkan Pengolahan Sampah dengan RDF

PEMERINTAHAN   Feb 24, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.117 Kali


id6728_Compress_20230224_190223_3622.jpg


BOGOR - Sebagai wujud komitmen dan keseriusan dalam penanganan sampah di Kabupaten Bekasi, Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan melakukan kunjungan kerja ke PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, di Jl. Mayor Oking Jayaatmaja Citeureup, Bogor, Jumat (24/2).

Pj. Bupati menyampaikan, kunjungan tersebut membahas tindak lanjut kerjasama dengan PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk terkait pembangunan Refused Derived Fuel (RDF) yang diyakini dapat mengurangi persoalan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng.

"Kunjungan kami ini untuk lebih mematangkan rencana terkait pembangunan pabrik pengolahan sampah di TPA Burangkeng, dimana nanti hasil pengolahan itu dalam bentuk RDF yang merupakan bahan bakar bagi pabrik semen," ujarnya saat diwawancarai.

Dirinya meyakini, pengolahan RDF ini bisa menjadi salah satu solusi yang tepat untuk menanggulangi tumpukan sampah di TPA Burangkeng. Karena menurutnya, berdasarkan perhitungan, sampah yang ada di Kabupaten Bekasi menghimpun sekitar 2.600 ton per hari, sedangkan yang terangkut dari TPA tersebut hanya 600-700 ton sampah yang berasal dari rumah, pasar dan industri.

"Ada 600 ton sampah per hari, belum bisa mencakup semua, masih ada 2.000 ton sampah yang berceceran. Jadi kalau RDF ini bisa kita olah dengan memperhitungkan jumlah penduduk yang bertambah, potensi yang bisa kita olah bisa lebih dari 2.000 ton," terangnya.

Ia juga menargetkan, fasilitas pengolahan sampah menjadi bahan bakar alternatif atau RDF ini bisa segera dijalankan setelah disepakatinya Memorandum of Understanding (MoU) dengan dengan PT. Indocement.

Sementara itu, Direktur PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, Antonius Marcos mengatakan, pihaknya telah menyatakan siap untuk menerima rencana dari Pemkab Bekasi untuk bisa mendatangkan 200 ton RDF per harinya.

"Untuk saat ini fasilitas kami sudah siap, jadi kami PT. Indocement siap membantu Pemkab Bekasi dalam permasalahan sampah yang ada di Kabupaten Bekasi," katanya.

Ia juga menuturkan, terkait MoU nya sendiri akan segera diselesaikan dalam waktu satu hingga dua bulan kedepan.

"Kami akan segera berdiskusi secara intens untuk mewujudkan MoU, mudah-mudahan dalam waktu sebulan, dua bulan ini bisa segera kita lakukan," katanya.

Sumber : Prokopim Pemkab Bekasi.

Berita Lainnya

Bapenda Kabupaten Bekasi Perkuat Tim, Genjot Potensi Pajak di Semua Sektor
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Maksimalkan Pelayanan Publik, Kecamatan Muaragembong Hadirkan Inovasi Yanmas Mugeri
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Optimalkan PAD dan Piutang, Pemkab Bekasi Gelar Rapat Implementasi Pemungutan Retribusi Daerah
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Diskominfosantik Gelar Kegiatan Analis dan Diseminasi Data Statistik Sektoral
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Indeks SPBE Kabupaten Bekasi Naik Signifikan, Diskominfosantik Jadi Pembicara di BRIN
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik