Kamis, 22 Februari 2024

Forum Kesehatan Kabupaten Bekasi Gelar Baksos di Empat Kecamatan Terdampak Banjir

PEMERINTAHAN   Mar 5, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 10.436 Kali


id6788_Compress_20230305_195126_6301.jpg
Tim dari Forum Kesehatan Kabupaten Bekasi membawa bantuan makanan siap saji dan hygiene kit untuk disalurkan kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Cabangbungin, pada Minggu (05/03/2023). Foto : Bayu Aji S/Newsroom Diskominfosantik. .

CABANGBUNGIN - Forum Kesehatan Kabupaten Bekasi di bawah koordinasi Dinas Kesehatan, melaksanakan bakti sosial (baksos) untuk warga terdampak banjir di empat kecamatan yakni Kecamatan Karangbahagia, Cabangbungin, Pebayuran dan Tarumajaya, pada Minggu (05/03/2023). 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr Alamsyah mengatakan, Tim Bakti Sosial tersebut terdiri dari seluruh organisasi profesi kesehatan, asosiasi klinik, rumah sakit dan Puskesmas di Kabupaten Bekasi. 

"Kita berikan pengobatan untuk warga terdampak banjir, menyalurkan makanan dan minuman siap saji serta untuk sanitasi seperti sabun, odol dan hygiene kit yang dibutuhkan di lokasi banjir," kata, Alamsyah, usai  menyerahkan bantuan yang diterima secara simbolis oleh Camat Cabangbungin, Asep Buhori. 

Selain membantu daerah terdampak banjir, Alamsyah menyebutkan, Forum Kesehatan Kabupaten Bekasi juga memberikan bantuan bahan bangunan untuk warga terdampak puting beliung di Desa Sumberjaya Tambun Selatan. 

"Anggaran bakti sosial ini berasal dari donasi seluruh elemen yang terkait, termasuk dari rumah sakit dan laboratorium prodia, yang nilainya sekitar Rp 120-130 juta yang disalurkan hari ini," terangnya. 

Alamsyah mengungkapkan, bantuan kesehatan untuk warga terdampak banjir di Kabupaten Bekasi, sebelumnya sudah dilakukan oleh seluruh Puskesmas maupun organisasi profesi. 

"Mereka sejak terjadi banjir sudah mendirikan posko, jadi kegiatan hari ini adalah puncaknya. Mudah-mudahan banjirnya cepat surut, tapi kalaupun ada perpanjangan tanggap darurat, kita siap untuk terus berkontribusi," kata dia. 

Dia menambahkan, selama terjadinya bencana banjir, seluruh fasilitas kesehatan disiagakan, baik Puskesmas, RSUD, termasuk 53 rumah sakit swasta di Kabupaten Bekasi. 

"Untuk posko kesehatan dari Puskesmas sendiri, kita rata-rata ada 4-5 posko di tiap kecamatan, dari 18 kecamatan yang terdampak banjir," ujarnya. 

Sejauh ini, kata dia, keluhan penyakit yang dialami warga di pengungsian dan di daerah terdampak banjir, diantaranya gatal-gatal, diare, ispa, nyeri otot dan kelelahan. 

Sementara itu Camat Cabangbungin Asep Buhori mengatakan, daerah yang terendam banjir di wilayahnya sudah berkurang, dan tersisa di empat titik lagi. 

"Mudah-mudahan hari ini bisa surut semua, banjir yang berada di pemukiman warga dan tidak ada lagi titik banjir yang berada di Kecamatan Cabangbungin," ucapnya. 

Asep menyampaikan terimakasih kepada Forum Kesehatan Kabupaten Bekasi dibawah koordinasi Dinas Kesehatan yang telah membantu warga Cabangbungin yang terdampak banjir. 

"Kami sangat berterimakasih dan bangga kepada Forum Kesehatan, saat warga dalam kesusahan, mereka turut hadir untuk memberikan pengobatan dan bantuan kepada warga ," ujarnya.

Reporter : Andre M Jafar/Muhammad Reza

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Pemkab Bekasi Matangkan Persiapan Tuan Rumah MTQ Tingkat Provinsi Jawa Barat
PEMERINTAHAN   Feb 22, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Hadiri Forum Perangkat Daerah se-Jabar, Kabupaten Bekasi Siap Dukung Jawa Barat Menjadi Smart Province
PEMERINTAHAN   Feb 21, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Diskominfosantik Pandu Perangkat Daerah Susun Daftar Informasi Publik
PEMERINTAHAN   Feb 21, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Prioritaskan Penanganan Longsor Jembatan Cipamingkis di Triwulan I
PEMERINTAHAN   Feb 21, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi : TMMD Ke-119 Tingkatkan Percepatan Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat
PEMERINTAHAN   Feb 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik