KEDUNGWARINGIN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi terus menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui program unggulan Berkolaborasi Terus Melayani (Botram). Kali ini menyambangi warga Kecamatan Kedungwaringin yang dipusatkan di Lapangan Bola Grand Cikarang City 2 pada Senin (21/07/2025).
Hadir dalam kegiatan ini Ketua TP-PKK Kabupaten Bekasi, Marlynda Ade Kuswara Kunang, Ketua Bidang 1 Nia Asep Surya Atmaja, Asisten Daerah (Asda) I Sry Enny Mainiarti, serta Ketua TP-PKK Kecamatan Kedungwaringin.
Rangkaian acara dimulai sejak pagi dengan senam bersama yang diikuti ribuan warga, yang menjadi momen penuh semangat dan kebersamaan. Kegiatan ini juga diramaikan dengan pembagian doorprize menarik, termasuk hadiah utama berupa satu unit sepeda motor yang diserahkan langsung oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Bekasi.
"Melalui kegiatan ini, kita ingin mengajak masyarakat, khususnya ibu-ibu dan para pelajar, untuk menerapkan pola hidup sehat. Senam ini bukan hanya seru, tapi juga bermanfaat untuk kebugaran tubuh," ujar Marlynda.
Lebih lanjut, Marlynda menjelaskan, tujuan utama dari kegiatan Botram adalah untuk mendekatkan layanan publik kepada masyarakat, terutama yang berada di wilayah-wilayah yang jauh dari pusat pemerintahan.
"Pemkab Bekasi ingin memastikan bahwa seluruh masyarakat, di manapun berada, mendapatkan hak yang sama dalam mengakses layanan publik. Botram ini adalah bentuk nyata dari pemerataan pelayanan," tambahnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi, Carwinda, menyampaikan apresiasinya atas antusiasme masyarakat Kedungwaringin dalam memanfaatkan berbagai layanan yang disediakan.
“Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias. Banyak yang datang langsung untuk mengakses layanan adminduk seperti pembuatan KTP, akta kelahiran, hingga konsultasi layanan lainnya,” ujar Carwinda.
Carwinda menjelaskan, setidaknya ada tiga jenis layanan yang diberikan dalam Botram, yang pertama layanan administratif seperti dari Disdukcapil, Dinas Kesehatan, dan BPJS, yang kedua layanan informatif dari berbagai dinas, serta layanan konsultatif, di mana masyarakat bisa berkonsultasi langsung dengan OPD terkait seperti Dinas Pertanian, Dinas Sosial, dan lainnya.
Ia menegaskan bahwa kehadiran Botram menjadi wujud filosofi keberadaan pemerintah daerah, yakni untuk memberikan pelayanan nyata kepada masyarakat.
“Bagi kami, memberikan layanan langsung ke masyarakat adalah bentuk kebahagiaan. Pemerintah hadir bukan hanya di kantor, tapi juga turun langsung ke lapangan untuk melayani. Disdukcapil akan terus berupaya mendekatkan layanan, agar semua masyarakat sadar administrasi kependudukan dan memiliki dokumen yang lengkap, dari lahir hingga meninggal dunia,”pungkasnya.
Dengan sinergi seluruh perangkat daerah, Pemkab Bekasi berharap program Botram terus membawa dampak positif bagi masyarakat, serta menciptakan tata kelola pelayanan publik yang cepat, mudah dan merata.
Reporter : Jaja Jaelani
Berita Lainnya
TERPOPULER BULAN INI
Pengunjung hari ini : 8
Pengunjung Bulan ini : 126910
Total Pengunjung : 4102638