Senin, 06 Februari 2023

Pagelaran Wayang Orang "Pandawa Boyong"

Pj Bupati Bekasi Ajak Masyarakat Lestarikan Warisan Budaya

BUDAYA   Jan 16, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 107 Kali


id6512_Compress_20230116_191347_7867.jpg


CIKARANG UTARA - Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan bersama Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Twedi Aditya Bennyahdi, Dandim 0509 Kabupaten Bekasi, Letkol Inf. M. Horison Ramadhan, serta Jajaran TNI Polri, menyaksikan pagelaran wayang orang yang bertajuk "Pandawa Boyong", bertempat di Polres Metro Bekasi Cikarang Utara, pada Minggu (15/1) malam

Saat menyaksikan wayang orang melalui _streaming_ youtube yang digelar di Teater Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta, Dani mengajak masyarakat khususnya anak-anak muda agar mengenal dan mencintai warisan budaya luhur di Kabupaten Bekasi. 

"Saya juga sebenarnya baru nonton wayang orang secara penuh dan ternyata menarik, jadi dengan sedikit canda dan sebagainya saya kira ini bisa menjadi kemasan yang menarik untuk anak-anak muda supaya mengenal dan mencintai warisan budaya luhur ini," terangnya. 

Dani menuturkan, Bekasi mempunyai ragam budaya yang mencerminkan kearifan lokal. Untuk itu, semua jenis wayang termasuk wayang golek, wayang orang, wayang kulit, adalah warisan yang harus dijaga dan dilestarikan kebudayaannya. 

Dirinya menilai, terdapat pesan yang diusung dari pagelaran wayang orang ini. Selain pemainnya yang spektakuler, ceritanya pun juga penuh makna, salah satunya yakni mengisahkan bagaimana tanggung jawab seorang pemimpin dalam mengambil keputusan. 

"Jika mengambil keputusan dengan benar akan mensejahterakan rakyat dan jika salah bisa menyengsarakan rakyat bahkan menghancurkan negara. Saya kira itulah pesannya," ucap Dani. 

Terakhir, dirinya juga mengapresiasi seluruh jajaran TNI Polri yang telah menyelenggarakan pagelaran wayang orang "Pandawa Boyong" guna melestarikan budaya kesenian wayang, yang merupakan kesenian asli Indonesia. 

"Saya sangat apresiasi sekali, sebuah kejutan dan prakarsa yang luar biasa dari Bapak Panglima TNI yang juga melibatkan seluruh staff, baik laut darat dan kepolisian untuk memainkan sebuah pagelaran kolosal wayang orang ini," ujarnya. (Prokopim Pemkab Bekasi). 

 

Berita Lainnya

Pj Bupati Bekasi Ajak Masyarakat Lestarikan Warisan Budaya
BUDAYA   Jan 16, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pelestarian Wilayah Pesisir Muara Gembong dengan Menanam Mangrove
BUDAYA   Jan 13, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Asep Saepulloh Terpilih sebagai Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Bekasi
BUDAYA   Nov 2, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
KSB Gelar Lebaran Orang Bekasi dan Pentas Seni Budaya
BUDAYA   May 15, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Hasil Laut Melimpah, Nelayan Tarumajaya Rayakan Nadran
BUDAYA   Jan 28, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik