Sabtu, 18 Mei 2024

Kecamatan Tambelang Implementasikan Program Desa Digital dan Data Desa Presisi

PEMERINTAHAN   May 16, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 565 Kali


id7236_Compress_20230516_183305_5606.jpg


TAMBELANG - Pemerintah Kecamatan Tambelang melakukan kegiatan monitoring dalam perlombaan antar desa tingkat kecamatan dengan mengusung tema administrasi tata pemerintahan desa.

Kasi Pelayananan Publik Kecamatan Tambelang, Neneng Solihah menyebutkan, kegiatan monitoring ini untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan terhadap desa dengan status berkembang dan cepat berkembang yang dilaksanakan secara sinergi oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Arahnya lebih ke pengembangan Desa Digital, melihat hari ini perkembangan Teknologi Informasi saat ini. Makanya tahun lalu, dari tujuh desa yang diajukan ke Diskominfosantik untuk pemasangan wifi publik, lima desa sudah terwujud," jelasnya, Selasa (16/05/2023)

Dia menjelaskan, aspek penilaian Lomba Desa kali ini meliputi beberapa aspek antara lain aspek kepemerintahan, aspek kewilayahan, aspek kemasyarakatan, dan aspek kesehatan.

Data Desa Presisi, lanjut Neneng, menjadi program penting selanjutnya yang perlu dikembangkan pemerintah desa saat ini. Guna mendukung perumusan kebijakan, penyelenggaraan program, serta penyaluran bantuan supaya lebih tepat sasaran. 

"Dalam Data Desa Presisi ini, aparatur pemerintah desa dari tingkat RT/RW betul-betul mendata kondisi warganya. Apalagi dari aspek kesehatan sendiri, hari ini pemerintah menargetkan 95 persen warganya sudah tercover dalam program BPJS. Sudah sejauh mana pencapaiannya kita coba dorong," tegasnya

Neneng menyampaikan, penilaian lomba kali ini lebih bersifat ke pembinaan. Memotret seperti apa kondisi penyelenggaraan pemerintahan desa saat ini agar menuju ke arah good government. 

"Dengan adanya indikator yang kita nilai, kita ingin memastikan sistem pemerintahannya dijalankan sesuai dengan fungsinya. Mulai dari musyawarah desa, programnya seperti apa, adakah dokumen dan fotonya. Dari segi pelaporan keuangan desa, anggaran Dana Desa baik dari pusat maupun provinsi sejauh mana pertanggung-jawabannya seperti itu," ucapnya. 

Kepala Desa Sukamaju, Muhamad Sarih, menyambut baik kegiatan lomba kali ini. Kinerja aparatur pemerintah desa yang selama ini sudah dilaksanakan sesuai tugas dan fungsinya mendapatkan perhatian dan evaluasi untuk perbaikan kedepannya. 

"Ya, kami menyambut baik kedatangan tim dari kecamatan ini. Tentunya disamping kita sudah melaksanakan tugas sebagaimana fungsinya, kita juga mempersiapkan perbaikan atas kekurangan yang ada agar lebih baik kedepannya. Harapan untuk menjadi juara tentu ada. Tapi kita melihatnya lebih ke arah pembinaan," terangnya

Monitoring lomba desa kali ini berlangsung selama dua hari. Ada dua tim dari Kecamatan Tambelang yang berkunjung ke beberapa desa. Tim tersebut berdialog dengan aparatur pemerintah desa setempat mulai dari tingkat RT/RW, juga kelembagaan yang ada di dalamnya seperti BPD, dan kader PKK.

Reporter : Arif Tiarno

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Semakin Menarik, Botram Serang Baru Padukan Layanan Publik dan Hiburan Masyarakat
PEMERINTAHAN   May 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kecamatan Cibitung Harumkan Nama Kabupaten Bekasi di Tingkat Nasional
PEMERINTAHAN   May 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
LPTQ Siapkan Para Juara dari Kabupaten Bekasi Perkuat Jawa Barat di MTQ Nasional
PEMERINTAHAN   May 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kemenag Apresiasi Pj Bupati Dani Ramdan Bawa Kabupaten Bekasi Juara Umum MTQ ke-38 Jabar
PEMERINTAHAN   May 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik