Sabtu, 18 Mei 2024

Hadir di Ramadhan Sregep, KPA Sosialisasikan Pentingnya Cegah Penularan HIV/AIDS

PEMERINTAHAN   Apr 6, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 758 Kali


id6991_Compress_20230406_062208_8956.jpg
Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Bekasi ikut serta memeriahkan program Ramadhan Sregep (Satukan Ritme Gebyar Pelayanan) yang digelar Pemkab Bekasi di Halaman Masjid Al-Ittihad Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, Rabu (05/04/2023). Foto: Wulan MY/Newsroom Diskominfosantik

BABELAN - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Bekasi ikut serta memeriahkan program Ramadhan Sregep (Satukan Ritme Gebyar Pelayanan) yang digelar Pemkab Bekasi di Halaman Masjid Al-Ittihad Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, pada Rabu (05/04/2023). 

Acara yang diselenggarakan oleh Bagian Kesra Setda Kabupaten Bekasi itu dipadukan dengan program Safari Ramadhan Pj Bupati Bekasi di wilayah utara Kabupaten Bekasi. 

Pengelola Program KPA Kabupaten Bekasi, Shandi Ismail mengatakan, Gerai KPA Kabupaten Bekasi hadir di acara tersebut untuk mensosialisasikan pentingnya mencegah penularan HIV/AIDS.

"Ya, selama ini penyakit HIV/AIDS yang diketahui oleh masyarakat melekat kepada orang-orang yang tidak baik. Padahal tidak semua begitu, maka dari itu kita membuka sosialisasi kepada masyarakat," terangnya. 

Shandi menjelaskan, penularan penyakit HIV/AIDS bisa mengenai seluruh kalangan, termasuk ibu rumah tangga dan bayi. Bahkan rata-rata di usia produktif mulai usia 20 sampai 40 tahun. 

"Maka dari itu kita di sini memberikan informasi yang akurat dan terpercaya serta mengkampanyekan stigma dari diskriminasi," terangnya. 

Shandi menyampaikan, cara mencegah terjadinya penularan HIV/AIDS antara lain dengan menghindari seks bebas, bersikap saling setia dengan pasangan, dan menghindari narkoba. Selain itu, kata dia, upaya pencegahan HIV/AIDS dilakukan dengan penyuluhan kepada masyarakat.  

"Silahkan bila mau konsultasi terkait HIV/AIDS, bisa datang di RSUD Kabupaten Bekasi, di Puskesmas Tarumajaya, Puskesmas Cibarusah serta Puskesmas Mekarmukti," katanya. 

Dirinya mengimbau kepada masyarakat ketika ada yang terindikasi terkena penyakit HIV/AIDS agar tidak panik dan tidak didiskriminasi, karena mereka punya hak yang sama dalam pekerjaan dan dalam bersosialisasi. 

Reporter : Andre M Jafar/ Bayu Aji S

Editor     : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Semakin Menarik, Botram Serang Baru Padukan Layanan Publik dan Hiburan Masyarakat
PEMERINTAHAN   May 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kecamatan Cibitung Harumkan Nama Kabupaten Bekasi di Tingkat Nasional
PEMERINTAHAN   May 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
LPTQ Siapkan Para Juara dari Kabupaten Bekasi Perkuat Jawa Barat di MTQ Nasional
PEMERINTAHAN   May 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kemenag Apresiasi Pj Bupati Dani Ramdan Bawa Kabupaten Bekasi Juara Umum MTQ ke-38 Jabar
PEMERINTAHAN   May 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik