Senin, 06 Februari 2023

Disdik Kabupaten Bekasi Gelar Bimtek Proktor ANBK Sekolah Dasar

PENDIDIKAN   Aug 23, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 554 Kali


id5544_Compress_20220823_201209_9617.jpg


CIKARANG UTARA – Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi menggelar Bimtek Proktor Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Jenjang Sekolah Dasar yang diadakan di Hotel Swiss Belinn Cikarang Utara, pada Selasa (23/08). 

Sebanyak 128 proktor pada satuan gugus sekolah mengikuti kegiatan yang diselenggarakan pada 23 sampai 24 Agustus ini.

Kabid Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Yudi menjelaskan, tiap proktor ini nantinya memiliki tugas untuk menyampaikan informasi yang didapat pada bimtek tersebut. 

“Dari gugus ini, mereka akan memberikan diseminasi dari hasil ini kepada temen-temen di satuan pendidikan masing-masing, jadi satu gugus itu bisa terdiri 6 sampai 10 sekolah,” ujar Yudi.

Yudi juga menjelaskan pelaksanaan ANBK nantinya akan digelar, baik secara mandiri maupun menumpang. Untuk mandiri, katanya, ada sekolah yang menggelar mandiri online penuh dan juga ada yang semi online.

“Kalau mandiri yang dilaksanakan benar-benar di sekolah, kalau menumpang ya sekolah yang belum punya fasilitas, itu baru mereka menumpang ke sekolah yang kita undang,” katanya. 

Yudi mengatakan, ANBK akan dilaksanakan pada bulan November tahun ini. Namun, tahapannya sudah mulai dari sekarang ini yaitu tahapan survey lingkungan belajar (sulinjar).

“Surveinya itu langsung dari Kemendikbud, jadi instrumennya melalui google itu disebar melalui Kemendikbud, yang mengisi kepala sekolah dan semua guru yang ada di sekolah masing-masing,” jelasnya.

Pelaksanaan ANBK juga akan diikuti perwakilan siswa kelas lima SD. Dengan begitu, tidak semua siswa mengikuti ANBK tersebut. 

“Jadi siswa yang ANBK juga tidak semua, hanya sampling, dan sampling itu dilakukan langsung oleh Kemendikbud,” tambahnya. 

Yudi menjelaskan, dari hasil ANBK ini nantinya akan menjadi indikator penilaian mutu pendidikan di Kabupaten Bekasi. Indikator itu seperti literasi, numerasi dan karakter.

Reporter : Fuad Fauzi

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Siswa SDN Ciantra 02 Ikuti Sosialisasi Bahaya Narkoba
PENDIDIKAN   Jan 31, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Yana Suyatna Apresiasi Kegiatan Kursus Pembina Pramuka
PENDIDIKAN   Jan 16, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan Lantik Dewan Pendidikan Periode 2022-2027
PENDIDIKAN   Dec 29, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Universitas Pelita Bangsa Gelar Seminar Nasional Strategi Pembelajaran Abad ke-21
PENDIDIKAN   Dec 24, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
SMPN 2 Serang Baru Gelar Pameran “Guruku Inspirasiku”
PENDIDIKAN   Dec 14, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik