Kamis, 13 Juni 2024

Dinkes Kabupaten Bekasi - USAID Prevent TB  Gelar Sosialisasi Pencegahan TBC

PEMERINTAHAN   May 20, 2024  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 207 Kali


id9724_WhatsApp Image 2024-05-20 at 14.26.53.jpeg
PENCEGAHAN TBC : Dinas Kesehatan berkolaborasi dengan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) Prevent TB, gelar pertemuan tatap muka edukasi manfaat dan guna terapi pencegahan Tuberkulosis (TBC) sekaligus skrining penyuntikan TPT di wilayah kerja Puskesmas Tridaya Sakti. Bertempat di Aula Kantor Desa, Kecamatan Tambun Selatan. Pada Senin, (20/05/2024). FOTO : ENDAR RAZIQ/NEWSROOM DISKOMINFOSANTIK.

TAMBUN SELATAN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi berkolaborasi dengan USAID Prevent TB menggelar kegiatan Pertemuan Tatap Muka Edukasi Manfaat dan Guna Terapi Pencegahan Tuberkolosis (TPT) yang berlangsung di Aula Desa Tridayasakti pada Senin (20/05/2024).

Pengelola Program atau Wakil Asesor Dinkes Kabupaten Bekasi, Mulyaningsih mengatakan, Kabupaten Bekasi sudah menjalankan sosialisasi bersama USAID di 6 Puskesmas tersebut, untuk pencegahan penyakit TB.

"Ya, kita rutin untuk sosialisasi disetiap Posyandu maupun disetiap Puskesmas, karena kita sudah bekerjasama dengan dokter spesialis Tuberkulosis (TBC), dan sekarang sudah ada disetiap Puskesmas untuk pelayanan TBC ini," terangnya.

Mulyaningsih mengapresiasi adanya kegiatan sosialisasidan pendampingan yang diberikan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) Prevent TB yang diberikan dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyakit Tuberkolosis (TB) di wilayah Kabupaten Bekasi.

"Dengan adanya kegiatan ini, warga kami lebih banyak yang mengetahui bahaya Tuberkolosis dan warga bisa melakukan pencegahan. Warga juga bisa lebih terbuka kepada pemerintah atau Dinas Kesehatan supaya penyakit ini bisa kita tuntaskan," katanya.

District Advocacy and Partnership Office (DAPO) Kabupaten Bekasi Septia Rahmalina mengatakan, USAID Prevent TB berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat yang berisiko tinggi terkena TBC. Di antaranya melalui strategi komunikasi perubahan perilaku sosial (SBCC), dan menurunkan penyebaran TBC dengan meningkatkan partisipasi untuk melakukan TPT.

"Dengan mendorong praktik TPT, kegiatan ini mendukung tujuan Indonesia mengeliminasi TBC pada tahun 2030. Makanya kami langsung terjun ke masyarakat untuk sosialisasi," katanya.

Reporter : Andre M Jafar

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Bapenda Kabupaten Bekasi Perkuat Tim, Genjot Potensi Pajak di Semua Sektor
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Maksimalkan Pelayanan Publik, Kecamatan Muaragembong Hadirkan Inovasi Yanmas Mugeri
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Optimalkan PAD dan Piutang, Pemkab Bekasi Gelar Rapat Implementasi Pemungutan Retribusi Daerah
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Diskominfosantik Gelar Kegiatan Analis dan Diseminasi Data Statistik Sektoral
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Indeks SPBE Kabupaten Bekasi Naik Signifikan, Diskominfosantik Jadi Pembicara di BRIN
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik