Sabtu, 18 Mei 2024

Pembinaan Pencegahan Stunting

Dibekali Smartphone Tablet, Kader Posyandu Desa Sukadami Dituntut Melek Teknologi

DESAKU   Sep 23, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.376 Kali


id8292_Compress_20230923_171321_1779.jpg


CIKARANG SELATAN - Sebanyak 25 Posyandu yang berada di wilayah Desa Sukadami Kecamatan Cikarang Selatan, mengikuti pembinaan kader posyandu dalam rangka pencegahan stunting, di Hotel Ayola Lippo Cikarang, pada Jum'at (22/09/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Sukadami tersebut, untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) baik dalam upaya penanganan serta pencegahan kasus stunting secara maksimal.

"Harapan saya agar para kader posyandu mengupgrade pengetahuannya mengikuti perkembangan zaman dan mendapatkan ilmu yang lebih, apalagi para kader saat ini dituntut untuk melek teknologi, dengan adanya pengisian form data secara digital," ujar Abeng Arif, Sekretaris Desa Sukadami saat membuka kegiatan tersebut.

Abeng mengungkapkan, kader posyandu merupakan salah satu garda terdepan yang memiliki peranan penting dalam memberikan informasi mendasar mengenai pencegahan stunting kepada keluarga.

"Kami dari Pemdes Sukadami juga telah memfasilitasi pembagian smartphone tablet kepada 25 kader posyandu untuk menunjang kinerja mereka yang saat ini berbasis digital, seperti entry data pada Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Balita Berbasis Masyarakat (e-PPGBM) yang dilaksanakan kader setelah selesai penimbangan," terangnya.

Sejauh ini, Desa Sukadami berhasil menurunkan angka kasus stunting secara signifikan melalui berbagai langkah yang secara masif terus dilakukan, baik intervensi anggaran desa secara maksimal, distribusi PMT (Pemberian Makanan Tambahan) bagi anak dengan kategori stunting, juga peningkatan kapasitas kader posyandu yang saat ini dilaksanakan.

"Alhamdulillah, kami terus berupaya menekan angka stunting yang ada, hari ini di Desa Sukadami hanya tersisa 11 anak yang terindikasi mengalami gagal tumbuh dari kurang lebih total 4700-an bayi yang ada dengan jumlah penduduk mencapai 50.000 jiwa, tentu ini hasil kerja keras dan upaya kita bersama sehingga dari tahun ke tahun kita bisa menurunkan kasus stunting yang ada," ucapnya.

Dengan semangat "Wujudkan Masyarakat Sehat, Sukadami Hebat", Abeng optimis peran kader posyandu diperkuat dengan kolaborasi dari seluruh stakeholder terkait dapat membantu percepatan penurunan stunting balita sejalan dengan program prioritas nasional yang ditetapkan dalam RPJMN 2020-2024.

"Tentunya perlu komitmen bersama dari seluruh pihak untuk mengentaskan kasus stunting ini, sehingga dalam kegiatan pembinaan ini kami juga mengundang seluruh pihak baik dari unsur kecamatan, BPD, serta Dinas terkait selain ajang silaturahmi, juga media untuk evaluasi dan bertukar informasi demi terwujudnya generasi emas bebas stunting khususnya di Desa Sukadami," harapnya.

Reporter : Arif Tiarno
Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Gelar Halal Bihalal, Pemdes Sukadami Ajak Perangkat Desa Jaga Kekompakan dan Silaturahmi
DESAKU   Apr 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat Cikarang Utara Lantik Penjabat Kepala Desa Tanjungsari
DESAKU   Jan 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Musrenbang Desa Pantai Bahagia Prioritaskan Bangun Infrastruktur Jalan dan Jembatan
DESAKU   Jan 16, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Warga Lansia Desa Cibening Ikuti Skrining Katarak Gratis
DESAKU   Jan 11, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik