Kamis, 29 Februari 2024

8.470 Balita di Cibarusah Telah Diimunisasi

SOSIAL   Oct 17, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 812 Kali


id5923_Compress_20221017_183844_4054.jpg
TARGET : Sebanyak 8.470 balita di Kecamatan Cibarusah telah menerima imunisasi pada Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun ini.

CIBARUSAH – Sebanyak 8.470 balita di Kecamatan Cibarusah telah menerima imunisasi. Dengan begitu, target Puskesmas Cibarusah di Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) pada Oktober tahun ini telah mencapai 100 persen.

“Oktober ini sasaran target BIAN sudah terkejar hingga 100 persen, dengan jumlah total sasaran imunisasi di wilayah Kecamatan Cibarusah sebanyak 8.470 balita. Sehingga dengan data tersebut Imunisasi BIAN di Cibarusah bisa dikatakan sempurna,” ujar Kepala Puskesmas Cibarusah, dr. Kurniawati pada Senin (17/10).

Kurniawati menjelaskan, target tersebut tercapai melalui peran posyandu yang ada di wilayah Kecamatan Cibarusah dimaksimalkan. Termasuk melakukan sweeping dan mengejar ketertinggalan balita-balita yang belum diimunisasi.

Di Kecamatan Cibarusah sendiri total terdapat 114 posyandu dan semuanya ikut berpartisipasi mensukseskan imunisasi tersebut.

“Sebelumnya, pada September kita masih kurang 70 lagi dan Alhamdulillah sudah tercapai sepenuhnya. Capaian ini tentunya berkat kerja keras kader-kader Posyandu karena pelaksanaannya tersebar di seluruh Posyandu,” katanya.

Tingginya capaian tersebut membuat Puskesmas Cibarusah menjadi salah satu Puskesmas dengan capaian terbaik se-Kabupaten Bekasi. ”Dari 46 puskesmas se-Kabupaten Bekasi, Puskesmas Cibarusah berhasil masuk empat besar capaian tertinggi Imunisasi BIAN,” tambahnya.

Kegiatan BIAN sendiri terdiri dari dua jenis yaitu imunisasi tambahan (Campak-Rubella) dan imunisasi kejar (OPV, IPV dan DPT-HB-Hib). Adanya imunisasi tambahan ini juga awalnya terdapat kendala dari para orang tua yang enggan anak-anak balitanya untuk diimunisasi, namun pihaknya terus memberikan pendekatan agar para orang tua mengerti maksud dan tujuan dari adanya Program Imunisasi BIAN ini.

 “Kita lakukan edukasi dan diberi penjelasan, baik manfaat dan resiko jika tidak mendapatkan imunisasi. Selain itu kita juga bekerjasama dengan RT dan RW untuk dapat memberikan edukasi agar para orang tua mau anaknya diimunisasi. Sebab tujuan dari imunisasi ini tentunya demi kesehatan balita itu sendiri,” katanya.

 

Reporter : Akbar Nurachman

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Sebanyak 3.400 Balita Mendapatkan Asupan Vitamin A
SOSIAL   Feb 28, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dorong Produktivitas ZIS, Baznas Kabupaten Bekasi Kembali Gelar Pelatihan Tata Rias
SOSIAL   Feb 28, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
BPJamsostek Santuni Anggota Korpri Kabupaten Bekasi yang Meninggal
SOSIAL   Feb 19, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kolaborasi dengan PT. Nippisun Indonesia, Disnaker Kabupaten Bekasi Gelar Pelatihan Wirausaha
SOSIAL   Feb 7, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan Resmikan Gedung Serbaguna di Kecamatan Tambun Utara
SOSIAL   Feb 5, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik