Jumat, 14 Juni 2024

Warga Lansia Desa Cibening Ikuti Skrining Katarak Gratis

DESAKU   Jan 11, 2024  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 520 Kali


id8960_Compress_20240111_202602_2000.jpg
Pemerintah Desa Cibening bekerja sama RS Unimedika Setu menggelar kegiatan Layanan Kesehatan berupa pemeriksaan mata secara gratis bagi warga Desa Cibening yang sudah lanjut usia, pada Kamis (11/01/2024).

SETU – Pemerintah Desa Cibening menggelar kegiatan layanan kesehatan berupa pemeriksaan mata secara gratis bagi warga yang sudah lanjut usia. Kegiatan tersebut bertujuan sebagai langkah awal untuk deteksi dini terjadinya katarak yang dapat mempengaruhi kemampuan penglihatan.

Pj Kepala Desa Cibening, Abdul Rachmat menuturkan, program skrining katarak ini merupakan upaya kolaboratif yang dilakukan oleh pemerintah desa bersama Rumah Sakit Unimedika untuk mencegah timbulnya permasalahan kesehatan yang rentan dialami warga yang sudah lanjut usia, sekaligus memberikan kesadaran tentang pentingnya memeriksakan kesehatan mata secara rutin.

“Alhamdulillah dari pihak RS Unimedika mensupport untuk kegiatan skrining katarak ini dengan mengirimkan salah satu dokter spesialis mata untuk mengecek warga kami yang berada di Desa Cibening,” ucap Abdul, Kamis (11/01/2024).

Selain menyediakan akses pelayanan kesehatan yang lebih mudah dan dapat dijangkau oleh masyarakat di tingkat desa. Pemerintah Desa Cibening juga memberikan informasi seputar kesehatan bagi warganya melalui media yang dikelola desa dan media lainnya. 

"Supaya informasi tentang kesehatan ini bisa tersampaikan kepada masyarakat, terutama dalam rangka sosialisasi agar masyarakat sehat di musim penghujan saat ini, kita sampaikan informasi berkaitan dengan langkah yang harus dilakukan memasuki musim penghujan sehingga warga bisa terhindar dari berbagai penyakit," jelasnya. 

Business Development RS Unimedika, Anita menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan komitmen dalam mendukung program pemerintah di bidang kesehatan, dengan memberikan pelayanan kesehatan mata dalam rangka penanggulangan gangguan penglihatan dan kebutaan (PGPK) di masyarakat. 

"Dalam kegiatan ini, dr Vika Septiyani Yolanda selaku dokter spesialis mata yang ada di RS Unimedika hadir langsung untuk melakukan pemeriksaan dan memberikan konsultasi seputar kesehatan mata kepada masyarakat yang datang, sehingga masyarakat dapat mendeteksi secara dini gangguan kesehatan mata yang dialami untuk segera mendapat penanganan" ungkapnya. 

Anita menambahkan, bagi masyarakat yang mendapat diagnosis terkena katarak dan memerlukan tindakan medis untuk pengobatan salah satunya melalui operasi, tak perlu khawatir karena RS Unimedika dapat menerima pasien BPJS Kesehatan yang hendak menggunakan jaminan kesehatan tersebut untuk layanan operasi katarak. 

"Tentunya, untuk penerimaan pasien kita mengikuti sistem rujukan berjenjang sebagaimana yang ditetapkan oleh BPJS Kesehatan," tutupnya

Reporter : Arif Tiarno

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Cegah Stunting, 589 Balita di Desa Sukabungah Mendapat PMT
DESAKU   Jun 6, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Gelar Halal Bihalal, Pemdes Sukadami Ajak Perangkat Desa Jaga Kekompakan dan Silaturahmi
DESAKU   Apr 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat Cikarang Utara Lantik Penjabat Kepala Desa Tanjungsari
DESAKU   Jan 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Musrenbang Desa Pantai Bahagia Prioritaskan Bangun Infrastruktur Jalan dan Jembatan
DESAKU   Jan 16, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Warga Lansia Desa Cibening Ikuti Skrining Katarak Gratis
DESAKU   Jan 11, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik