Sabtu, 18 Mei 2024

Persiapan MTQ Ke-38 Tingkat Jawa Barat di Kabupaten Bekasi Sudah 60 Persen

MTQ KE-38 JABAR   Apr 4, 2024  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.346 Kali


id9416_Compress_20240404_224753_3359.jpg
RAPAT MTQ TINGKAT JABAR : Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan memimpin rapat persiapan penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-38 Tingkat Provinsi Jawa Barat 2024, di Ballroom Sakura Park Hotel, Cikarang Pusat, pada Kamis (04/04/2024). Foto : Endar Raziq B/Newsroom Diskominfosantik.

CIKARANG PUSAT - Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan memimpin rapat persiapan penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-38 Tingkat Provinsi Jawa Barat 2024 yang akan digelar di Kabupaten Bekasi dari 27 April sampai dengan 5 Mei 2024.

Rapat dihadiri Sekda Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi, unsur Forkopimda, para kepala dinas terkait dan perwakilan seluruh kecamatan se-Kabupaten Bekasi, di Ballroom Sakura Park Hotel, Cikarang Pusat, pada Kamis (04/04/2024).

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menyampaikan, terkait persiapan kegiatan MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat saat ini sudah mencapai 60 persen.

"Ya, terkait persiapan dari sisi konsep, desain, data- data bahkan untuk beberapa hal sudah mulai produksi, seperti dekorasi dan persiapan awal lainnya," ujarnya. 

Untuk meriahnya acara MTQ, Dani mengatakan akan menggencarkan publikasi agar masyarakat mengetahui Kabupaten Bekasi menjadi tuan rumah MTQ Jawa Barat tahun ini. 

"Ya, habis lebaran ini publikasinya akan kita gencarkan," ucapnya. 

Bahkan dirinya sudah mengintruksikan kepada seluruh camat untuk mensosialisasikan terkait Kabupaten Bekasi menjadi tuan rumah MTQ tingkat provinsi Jawa kepada masyarakat.

"Publikasi kita sebarkan melalui media ruang, spanduk-spanduk dan menyampaikan di setiap pertemuan agar masyarakat terinformasikan dan bisa hadir pada kegiatan MTQ tingkat Jawa Barat yang akan digelar di Kabupaten Bekasi," ujarnya.

Dani menyebutkan, untuk menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat memang tidak mudah, bahkan harus menunggu 26 tahun dan ini menjadi kesempatan yang sangat berharga.

"Kita jadi tuan rumah MTQ ini tidak mudah, harus nunggu 26 tahun dan baru sekarang dapat kesempatan, dan ini menjadi kesempatan yang sangat berharga, untuk menunjukkan bahwa masyarakat Kabupaten Bekasi memang agamis, cinta Al-Qur'an," ujarnya. 

Selain itu, MTQ tingkat Jawa Barat juga bisa dijadikan ajang untuk melihat bagai mana daerah lain melakukan pembinaan terhadap seni tilawah Al-Qur'an. Sehingga memotivasi generasi muda Kabupaten Bekasi untuk menjadi generasi penerus yang agamis dan cinta Al-Qur'an. 

Ia juga mengajak masyarakat Kabupaten Bekasi untuk berpartisipasi dalam kegiatan MTQ kali ini dengan menjadi tuan rumah yang baik kepada para tamu atau kafilah dari luar kota.

"Kita sudah koordinasi para camat, pondok pesantren sekolah-sekolah secara bergilir untuk hadir, mulai dari pawai ta'aruf, menyambut kedatangan para kafilah dari luar, di acara pembukaan dan di semua tempat perlombaan, untuk bisa memeriahkan acara MTQ ini," terangnya. 

Masyarakat Kabupaten Bekasi juga bisa ikut memberikan informasi mengenai Kabupaten Bekasi, baik wisata industri, kiliner dan produk khas UMKM Kabupaten Bekasi. 

"Sebagai tuan rumah tentunya kita berharap menjadi Juara Umum, oleh karena itu dari persiapan juga sudah sangat optimal tetapi juga terkait hasil tetap kita serahkan kepada Allah SWT," ujarnya. 

Dirinya berharap digelarnya MTQ Jawa Barat di Kabupaten Bekasi dapat berlangsung dengan sukses. Baik sukses sebagai penyelenggara, sukses prestasi, sukses administrasi serta berdampak positif untuk ekonomi masyarakat. 

Selain membahas persiapan MTQ ke-38 Jawa Barat, rapat tersebut juga membahas evaluasi Pemilu 2024 untuk menjadi pembelajaran pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 nanti.

Reporter : Soni Suganda

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Buku Karya Tulis Ilmiah Al-Quran Hasil MTQ Jabar Dibagikan ke Masjid dan Perpustakaan Kampus
MTQ KE-38 JABAR   May 7, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ini Para Peserta Terbaik yang Mengantarkan Kabupaten Bekasi Juara Umum MTQ Jabar 2024
MTQ KE-38 JABAR   May 5, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ini Peringkat Prestasi Daerah pada MTQ ke-38 Tingkat Jawa Barat 2024
MTQ KE-38 JABAR   May 5, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Prestasi Juara Umum MTQ Jabar untuk Kabupaten Bekasi Hasil Kerja Keras Selama Dua Tahun
MTQ KE-38 JABAR   May 5, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Sekda Jabar : Kabupaten Bekasi Penyelenggara Terbaik Sepanjang Sejarah MTQ Jabar
MTQ KE-38 JABAR   May 5, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik