CIKARANG PUSAT - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Bekasi mendorong penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) secara menyeluruh di perangkat daerah sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kominfosantik Kabupaten Bekasi, Yan Yan Akhmad Kurnia saat menyosialisasikan Penerapan SPBE kepada seluruh perwakilan perangkat daerah di Lantai 4 Gedung Diskominfosantik, Kompleks Pemkab Cikarang Pusat, pada Kamis (07/08/2025).
"Jadi ini merupakan salah satu proyek perubahan saya, bagaimana SPBE tidak hanya dilihat sebagai indeks, tetapi lebih menekankan pada penerapan atau aplikasinya. Dan penerapan yang paling utama itu ada di perangkat daerah, sebagai ujung tombak pelayanan kepada publik," ujarnya.
Yan Yan menjelaskan, peningkatan kualitas layanan berbasis elektronik di perangkat daerah menjadi langkah penting untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih optimal, responsif, dan efisien. Oleh karena itu, setiap perangkat daerah diharapkan tidak hanya membuat aplikasi, tetapi juga secara berkelanjutan meningkatkan kualitasnya sesuai dengan kaidah-kaidah dalam regulasi SPBE.
Untuk mendukung hal tersebut, Diskominfosantik menyiapkan dashboard SPBE di website bekasikab.go.id yang tidak hanya berfungsi sebagai katalog pelayanan publik, tetapi juga memuat fitur self-assessment bagi perangkat daerah. Dengan sistem digital ini, perangkat daerah dapat secara mandiri menilai implementasi SPBE di lingkungan masing-masing sebagai bentuk mendorong peningkatan kualitasnya.
"Karena ini zaman digital, maka self-assessment-nya pun kita sediakan dalam bentuk digital dan ditempatkan di website yang telah disiapkan," jelasnya.
Dia menambahkan, SPBE juga berkontribusi terhadap peningkatan nilai Reformasi Birokrasi (RB), karena indeks SPBE menjadi salah satu indikator dalam penilaian RB.
"Ketika penerapan SPBE dilakukan di perangkat daerah, otomatis layanan meningkat. Dan ketika layanan meningkat, maka kepuasan masyarakat lebih terjamin. Ini menjadi upaya kita untuk mengurangi potensi kekecewaan masyarakat terhadap layanan, khususnya yang berbasis digital," tutupnya.
Reporter : Fajar CQA
Editor : Yus Ismail
Berita Lainnya
TERPOPULER BULAN INI
Pengunjung hari ini : 7
Pengunjung Bulan ini : 372302
Total Pengunjung : 4102757