Jumat, 31 Maret 2023

Musrenbang Tingkat Kecamatan Rampung Dilaksanakan

PEMERINTAHAN   Feb 22, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 207 Kali


id6708_Compress_20230222_085012_2637.jpg
MUSRENBANG : Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi Entah Ismanto menutup rangkaian rangkaian kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan se- Kabupaten Bekasi telah mencapai 100 persen pada Selasa (21/02). Foto: Wulan MY/Newsroom Diskominfosantik

TAMBELANG – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi Entah Ismanto mengatakan bahwa rangkaian kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan se- Kabupaten Bekasi telah mencapai 100 persen pada Selasa (21/02).

Empat kecamatan telah melaksanakan Musrenbang tingkat kecamatan menutup rangkaian kegiatan yang menjadi tahapan dalam merumuskan perencanaan pembangunan daerah di tahun 2024.

Alhamdulillah dengan begitu 23 kecamatan se- Kabupaten Bekasi telah selesai melaksanakan dan mengusulkan rencana pembangunan di wilayahnya masing-masing dengan skala prioritas yang berbeda-beda. Hari ini Kecamatan Tambelan, Sukawangi, Sukatani dan Sukakarya menutup kegiatan musyawarah rencana pembangunan di wilayah,” jelas Entah Ismanto.

Dia juga mengatakan, tahapan musyawarah yang dilakukan kecamatan merupakan tindak lanjut dari usulan-usulan yang datang dari musyawarah rencana pembangunan tingkat desa maupun kelurahan. Selain menerima usulan dari 23 kecamatan, Entah juga mendorong agar pembangunan yang masuk dalam kategori urgent dapat dilakukan pengerjaan dari sumber lainnya.

“Jadi kita mendorong mungkin karena keterbatasan anggaran, jadi saya mengarahkan untuk bagaimana selain memanfaatkan dana APBD terkait usulan-usulan namun tidak terealisasi. Maka dapat menggunakan beberapa alternatif seperti melalui dana desa nanti kita bikin juknisnya, kemudian juga melalui CSR dari perusahaan,” jelasnya.

Entah memaparkan, tahapan Musrenbang tahun anggaran 2024 masih panjang setelah selesainya di tingkat kecamatan. Masih banyak tahapan lainnya untuk menentukan penetapan rencana berdasarkan skala prioritas yang paling ideal.

“Iya masih ada beberapa tahap lanjutan diantaranya adalah usulan yang masuk dari desa dan kecamatan akan disaring kembali berdasarkan kebutuhan dan skala prioritasnya dalam Musrenbang Kabupaten. Termasuk juga dari dewan yang mensinergikan usulan melalui pokok pikiran,” tambahnya.

Sejauh ini usulan yang masuk dalam rangkaian kegiatan Musrenbang dari seluruh kecamatan di Kabupaten Bekasi leading sektornya masih didominasi dengan pekerjaan rumah terkait infrastruktur. Namun di sisi lain, usulan lainnya yang masuk ada tentang pemberdayaan masyarakat, peningkatan kesejahteraan melalui usulan pelatihan serta bantuan bibit-bibit pertanian dan peternakan berdasarkan potensi wilayah masing-masing.

“Artinya ada kepekaan dari pemerintah desa dan kecamatan, arahnya sudah bukan lagi tentang infrastruktur semata, melainkan sebuah visi kedepan bagaimana memanfaatkan potensi yang ada untuk memperbaiki dan menambah kesejahteraan masyarakatnya semakin maju dan berkembang. Saya rasa itu yang tidak kalah penting dan menariknya,” katanya.

Reporter : Akbar Nurachman

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Stok Pangan Selama Ramadan Dipastikan Aman, Pemkab Bekasi Akan Gelar Pangan Murah
PEMERINTAHAN   Mar 30, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Cegah Polio, Pemkab Bekasi Kolaborasi Lintas Sektor Gelar Imunisasi Awal April
PEMERINTAHAN   Mar 30, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Gelar Safari Ramadan Perdana di Kecamatan Bojongmangu
PEMERINTAHAN   Mar 29, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tingkatkan Kinerja ASN, Pemkab Bekasi Implementasikan Sistem Merit
PEMERINTAHAN   Mar 29, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kabupaten Bekasi Kirim Perwakilan Ikuti Kontes Juara Anak Soleh Tingkat Jabar
PEMERINTAHAN   Mar 29, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik