Rabu, 24 Juli 2024

Hari Lahir Pancasila, Dani Ramdan Ajak Masyarakat Gotong Royong Bangun Kabupaten Bekasi

PEMERINTAHAN   Jun 1, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 989 Kali


id7356_Compress_20230601_152047_7437.jpg


CIBITUNG - Pemerintah Kabupaten Bekasi melaksanakan upacara Hari Lahir Pancasila di area lapangan pertanian terpadu (food estate) milik Kodam Jaya, di Desa Wanajaya Kecamatan Cibitung, pada Kamis (01/06/2023).

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan berpesan agar Pancasila sebagai rumusan dan pedoman berbangsa dan bernegara tidak hanya dihapal, didengar dan diwacanakan semata. Tetapi nilai-nilai Pancasila perlu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Salah satu implementasi konkrit kita hari ini, bersilaturahmi dengan seluruh tokoh, jajaran setelah upacara. Untuk merefleksikan, mengevaluasi apakah dalam praktek kita berkehidupan, bermasyarakat, bernegara di Kabupaten Bekasi ini sudah betul-betul mengamalkan dan menjalankan nilai-nilai Pancasila," kata Dani Ramdan usai bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat Kabupaten Bekasi.

Dani Ramdan memaparkan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan, meskipun masih terdapat beberapa hal yang perlu dikoreksi, namun sebagian besar sudah diterapkan secara konsisten.

"Tadi kami kupas satu persatu apakah kita sudah mempraktekan sila pertama dengan cara menjalankan ibadah. Dilihat animo masyarakat menjalankan ibadah sangat baik. Kemudian sila kedua, masyarakat di sini punya kepedulian memberi santunan kepada yatim, memelihara fakir miskin," ujarnya.

Perilaku yang sudah baik tersebut, lanjutnya, harus terus ditingkatkan dan dipelihara supaya tidak ada lagi kemiskinan, stunting, dan pengangguran di Kabupaten Bekasi.

Sila ketiga, kata Dani Ramdan, walaupun berbeda pendapat, berbeda keinginan, tapi kita bisa bersatu dan menjaga persatuan. Serta sila keempat, setiap ada perbedaan pendapat kita tempuh jalan musyawarah mufakat dulu. 

"Dan terakhir bagaimana kaum minoritas, kaum yang termarjinalkan, yang lemah, kita lindungi bersama karena itu implementasi dari keadilan bagi seluruh rakyat indonesia" lanjutnya. 

Ia pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bergotong royong membangun persatuan agar Kabupaten bekasi menjadi lebih baik kedepannya.

"Tentu saja kami sebagai generasi yang lebih dahulu, yang saat ini juga diberikan amanat sebagai pimpinan harus menjadi teladan agar generasi penerus bisa melanjutkan keteladanan ini dan melestarikan Pancasila di Kabupaten Bekasi, tidak hanya sebagai wacana tapi sebagai norma kehidupan sehari-hari" tutupnya.

Usai upacara, Pj. Bupati Bekasi Dani Ramdan, melakukan silaturahmi dan dialog bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tokoh agama, dan tokoh masyarakat Kabupaten Bekasi.

Upacara Hari Lahir Pancasila tahun ini mengambil tema Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global. Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta dari unsur lintas instansi yakni TNI, Polri, Satpol PP, Korpri, para pelajar dan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Reporter : Arif Tiarno

Editor     :  Yus Ismail 

Berita Lainnya

Serahkan SK Forum IPSM, Pj Bupati Dani Ramdan Dorong Penguatan Data DTKS Lebih Valid
PEMERINTAHAN   Jul 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Perkuat Komunikasi HRD Perusahaan, Dani Ramdan Jadi Narasumber Dialog Interaktif Daerah
PEMERINTAHAN   Jul 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Lomba Kampung Bersih Makin Berani, Kabupaten Bekasi Siap Pecahkan Rekor Muri
PEMERINTAHAN   Jul 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
UPTD Pengelolaan Persampahan Wilayah IV Siap Sukseskan Lomba Kampung Bersih Makin Berani
PEMERINTAHAN   Jul 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Musik Angklung Sambut Dani Ramdan Sosialisasi Lomba Kampung Bersih di Bojongmangu
PEMERINTAHAN   Jul 22, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik