Kamis, 22 Februari 2024

Dongkrak Hasil Tangkapan Laut, TPI Muaragembong Segera Dibangun

EKONOMI   May 22, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.280 Kali


id7266_WhatsApp Image 2023-05-22 at 14.50.37.jpeg
Sekretaris Desa Pantai Bahagia Ahmad Qurtubi

MUARAGEMBONG - Pemerintah Desa Pantai Bahagia mendukung penuh pembangunan infrastruktur Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang berada di wilayahnya, yang saat ini masih dalam proses pengerjaannya. Dimana wilayah pesisir utara Kabupaten Bekasi ini merupakan salah satu kecamatan penghasil tangkapan ikan laut maupun hasil budidaya tambak dan kawasan wisata bahari.

Sekretaris Desa Pantai Bahagia Ahmad Qurtubi mengatakan, Kecamatan Muaragembong memiliki potensi tangkapan ikan laut yang cukup besar dan melimpah terutama di Desa Pantai Bahagia. Selain itu, sebagian besar mata pencaharian masyarakat di desanya yaitu nelayan dan petani tambak udang maupun bandeng.

"Ya, maka potensi untuk mendapatkan ikan dan udang segar itu sangat luar biasa disini dan memang tercatat dari Dinas Perikanan bahwa nelayan terbanyak di wilayah Kecamatan Muaragembong ada di Desa Pantai Bahagia ini dibanding dengan desa-desa lainnya," ujar Sekretaris Desa Pantai Bahagia Ahmad Qurtubi Senin, (22/05/2023).

Qurtubi menjelaskan, berdasarkan dari data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010 lalu Desa Pantai Bahagia memilik luas wilayah 3.020 hektar dan hingga saat ini sudah ada penyusutan akibat dari abrasi. Untuk aktifitas keseharian masyarakat tidak jauh dari kegiatan melaut dan di area tambak, kurang lebih sebanyak 333 tambak-tambak udang dan bandeng yang terdapat di Desa Pantai Bahagia.

"Mata pencaharian masyarakat Desa Pantai Bahagia rata-rata 80 persen itu nelayan, ada yang petani tambak, nelayan tangkap, dan ada juga sebagai ABK kapal, maupun selaku pemilik kapal," jelasnya.

Tidak hanya dari hasil tangkap laut, namun budidaya udang dan bandeng menjadi jantung perekonomian masyarakat, lahan-lahan tambak bandeng dan udang yang dikembangkan oleh masyarakat setempat terlihat sangat dominan. Sebagian wilayah di desanya dimana untuk budidaya jenis air payau memiliki jangka waktu masa panen yang pasti.

"Jenis budidaya tambak itu mereka sistemnya kebanyakan tradisional jadi mereka melepas bibit ikan bandeng kurang lebih selama 3 bulan sampai 4 bulan lalu mereka panen. Untuk udang biasanya mereka dari alam datang sendiri dan panennya bisa setiap hari, jenis udang nama lokalnya yaitu udang peci, udang pancet, udang api-api, udang krosok, udang rempa, dan berbagai jenis udang ada yg super dan lainnya," ungkap Sekdes Pantai Bahagia.

Menurutnya, dengan potensi yang melimpah ini diharapkan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat tentu dengan adanya dukungan dari pemerintah daerah maupun seluruh pihak-pihak terkait, infrastruktur Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang sedang dalam proses pembangunan nantinya bisa dikelola secara maksimal juga sebagai sumber untuk meningkatkan pendapatan daerah.

"Masyarakat disini menginginkan infrastruktur yang memadai untuk mobilitas seperti dermaga, jalan untuk jalur daratnya dan fasilitas yang lain, termasuk mengoptimalkan tempat pelelangan ikannya. Sebagian besar hasil tangkapan laut dijual langsung tanpa melalui lelang dan langkah cepatnya menyediakan pasar yang luas di Kabupaten Bekasi dengan sarana dan prasarana," ujarnya.

Selain itu, dirinya juga menuturkan, apabila fasilitas tempat pelelangan ikan telah rampung pembangunannya akan memiliki banyak manfaat nantinya, yakni untuk kesejahteraan masyarakat pesisir dan memperluas pangsa pasar serta mempermudah dalam pendistribusian ke seluruh wilayah di Kabupaten Bekasi tentu hal itu sangat perlu ditunjang oleh Infrastruktur yang memadai.

"Mayoritas komoditas hasil laut maupun tambak disini itu di jual ke daerah Ibu Kota Jakarta hampir mencapai sekitar 90 persen dan masyarakat Kabupaten Bekasi membeli ikan maupun udang itu dari Jakarta, padahal Bekasi sendiri mempunyai Muaragembong yang setiap harinya menghasilkan ikan dan udang segar, jadi infrastruktur sangat mendukung dalam pendistribusian dan pemasarannya dan ini harus betul-betul disiapkan," tuturnya.

Reporter : Refki Maulana

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Pemkab Bekasi Optimis Cikarang Trade Center Dapat Memperluas Pemasaran UMKM
EKONOMI   Jan 26, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tingkatkan Ketahanan Pangan, TP-PKK Kecamatan Cabangbungin Gelar Aksi Menanam Cabe Serentak
EKONOMI   Dec 21, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kabupaten Bekasi Masih Jadi Destinasi Investasi Unggulan Nasional
EKONOMI   Dec 10, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Genjot Produk UMKM Lokal, Pemkab Bekasi Gelar UMKM Expo 2023
EKONOMI   Dec 7, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Sejumlah Daerah di Kabupaten Bekasi Mulai Panen, Dinas Pertanian Kawal Peningkatan Produktivitas Padi
EKONOMI   Nov 28, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik