Kamis, 25 April 2024

Warga Desa Karangjaya Sambut Antusias Pelayanan Mobil Keliling Disdukcapil

PEMERINTAHAN   May 9, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 514 Kali


id7178_Compress_20230509_113405_5443.jpg


PEBAYURAN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi melakukan pelayanan jemput bola menggunakan mobil keliling selama tiga hari, mulai tanggal 8 -10 Mei 2023 di Desa Karangjaya, Kecamatan Pebayuran. 

Operator Pelayanan Disdukcapil, Hendri Rahman mengatakan, pelayanan mobil keliling tersebut siap membantu masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil di Desa Karangjaya.

"Ya, dalam program ini Disdukcapil menyediakan empat pelayanan, yaitu ada pelayanan Akta Kelahiran, Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), dan Identitas Kependudukan Digital (IKD)," ujarnya, pada Selasa (09/05/2023). 

Hendri menjelaskan, bagi warga Desa Karangjaya yang akan mengurus administrasi kependudukan melalui mobil pelayanan keliling Disdukcapil waktu pelayanan sendiri dibuka mulai dari jam 09.00 - 15.30 WIB.

"Untuk warga yang mau mengurus administrasi kependudukan (adminduk) atau yang belum begitu memahami, bisa bertanya langsung ke petugas desa setempat atau bisa langsung ke petugas kami, kita akan bantu di tempat," jelasnya.

Hendri mengatakan, Tim Disdukcapil menurunkan 6 personel di Desa Karangjaya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

"Pelayanan administrasi kependudukan dari mobil keliling sendiri diadakan setiap sepekan tiga kali di tiap desa dan kecamatan yang berbeda setiap minggunya," katanya. 

Sementara itu, Sekretaris Desa Karangjaya, Jafar Sidik menuturkan, program tersebut sangat membantu dalam memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dokumen kependudukan. 

"Ya, saya mengucapkan rasa terima kasih kepada Pemkab Bekasi. Dengan adanya mobil keliling ini, sangat membantu khususnya masyarakat Desa Karangjaya terkait pelayanan administrasi dan sebagainya," tuturnya.

Jafar menambahkan, warga Desa Karangjaya sangat antusias dengan adanya pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) melalui pelayanan mobil keliling dari Disdukcapil tersebut.

"Ya, sangat antusias, karena dengan adanya pelayanan ini masyarakat tidak perlu datang jauh-jauh lagi. Tadi kita jadwalkan jam 09.00 WIB untuk jam pelayanannya, tapi jam 08.00 pagi antrian sudah penuh," ujarnya. 

Dia mengimbau kepada masyarakat Desa Karangjaya agar memanfaatkan kesempatan yang ada melalui program pelayanan keliling ini. 

"Ya, kita selalu mengumumkan kepada warga, makanya setiap pagi pak RT/RW selalu mengumumkan melalui pengeras suara untuk hadir terkait program ini. Kita himbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan program ini," pungkasnya.

Reporter : Refki M

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Jaga Kesehatan Peserta MTQ, PMI Kabupaten Bekasi Siagakan Ambulans dan Tim Medis
PEMERINTAHAN   Apr 25, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Tekankan Pentingnya Inovasi dan Teknologi dalam Penanggulangan Bencana
PEMERINTAHAN   Apr 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ade Muksin Terpilih Sebagai Ketua PWI Bekasi Periode 2024-2027, Pemkab Bekasi Beri Selamat
PEMERINTAHAN   Apr 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Cegah DBD Kepala Puskesmas Sukadami Ajak Masyarakat Budayakan PHBS
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Sukseskan MTQ ke-38 Jawa Barat, Pemkab Bekasi Gerakkan Perangkat Daerah dan Unsur Masyarakat
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik