Kamis, 25 April 2024

TP-PKK Kabupaten Bekasi Luncurkan Gerakan Gagah Bencana

PEMERINTAHAN   Oct 20, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.192 Kali


id5950_Compress_20221020_215910_0280.jpg
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan didampingi Pj Ketua TP-PKK Kabupaten Bekasi, Ria Sabaria Dani Ramdan meluncurkan Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana (Gagah Bencana) di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Kamis (20/10/22). Foto: Wulan MY/Newsroom Diskominfosantik

CIKARANG PUSAT - Tim Penggerak PKK Kabupaten Bekasi meluncurkan Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana (Gagah Bencana) yang dihadiri perangkat daerah dan para camat se-Kabupaten Bekasi, di Gedung Swatantra Wibawamukti, Komplek Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat, pada Kamis (20/10/22).

Pj Ketua TP-PKK Kabupaten Bekasi, Ria Sabaria Dani Ramdan mengatakan, Gagah Bencana merupakan gerakan PKK dari tingkat pusat hingga desa dan kelurahan, untuk membentuk individu keluarga dan masyarakat yang tanggap dan tangguh terhadap berbagai bentuk bencana.

“Melalui gerakan ini diharapkan setiap keluarga memiliki kewaspadaan terhadap risiko bencana dan tanggap serta tangguh dalam menghadapi bencana," ujarnya. 

Sementara itu Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan yang turut hadir di acara tersebut mengatakan, ada beberapa langkah yang harus disiapkan untuk membentuk keluarga tangguh bencana. Mulai dari pendidikan keluarga, membuat rencana kontijensi bencana, melakukan pelatihan di tingkat keluarga serta mengetahui bencana apa saja yang terjadi.

“Yang pertama, keluarga harus mengetahui resiko bencana di rumah dan sekitarnya, seperti banjir, longsor ataupun kebakaran. Setelah itu mereka harus mengetahui upaya pencegahan yang bisa dilakukan," ujarnya. 

Dani Ramdan menyampaikan, dalam rencana kotijensi, ada pengaturan siapa dan berbuat apa, seperti ayah dan ibu serta anak berbagi tugas dan selalu kompak.

“Selanjutnya membuat simulasi di rumah, minimal satu tahun sekali, serta bisa melakukan evakuasi mandiri dalam menghadapi bencana,” terangnya.

Pj Bupati Bekasi berpesan kepada dinas terkait, agar aktif mengadakan sosialisasi kepada masyarakat dalam pencegahan bencana. 

“Saya berpesan kepada Dinas Pemadam Kebakaran dan BPBD Kabupaten Bekasi, harus banyak mengadakan sosialisasi pencegahan bencana di masyarakat, karena ketika terjadi bencana bukan hanya mengandalkan instansi saja, tetapi bagaimana masyarakat bisa mengatasi bencana itu,” tandasnya. 

Reporter : Andre M Jafar

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Jaga Kesehatan Peserta MTQ, PMI Kabupaten Bekasi Siagakan Ambulans dan Tim Medis
PEMERINTAHAN   Apr 25, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Tekankan Pentingnya Inovasi dan Teknologi dalam Penanggulangan Bencana
PEMERINTAHAN   Apr 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ade Muksin Terpilih Sebagai Ketua PWI Bekasi Periode 2024-2027, Pemkab Bekasi Beri Selamat
PEMERINTAHAN   Apr 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Cegah DBD Kepala Puskesmas Sukadami Ajak Masyarakat Budayakan PHBS
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Sukseskan MTQ ke-38 Jawa Barat, Pemkab Bekasi Gerakkan Perangkat Daerah dan Unsur Masyarakat
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik