Selasa, 21 Mei 2024

SMAN 1 Sukakarya Dorong Program Pembangunan Karakter Siswa

PENDIDIKAN   May 3, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 754 Kali


id7141_WhatsApp Image 2023-05-03 at 17.41.12.jpeg
Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sukakarya, Acep Hadi.

SUKAKARYA - Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sukakarya, Acep Hadi berkomitmen mendorong program pembangunan karakter (character building) bagi seluruh siswa. Hal ini bertujuan untuk menjadikan generasi bangsa yang berkarakter dan berintegritas di masa depan.

 Nah jadi untuk mempersiapkan mereka ketika masuk ke dunia kerja dan perkuliahan yaitu dengan membentuk karakter mereka mulai dari program literasinya, program sehat jasmaninya, program ketakwaan, program olahraga, program seni dan program kepanduannya (Pramuka)," ujar Kepala Sekolah SMAN 1 Sukakarya Acep Hadi saat dijumpai di ruangannya pada Rabu (03/05/2023)

Acep menambahkan, SMAN 1 Sukakarya sendiri saat ini memiliki tenaga pengajar sebanyak 52 dan siswa sebanyak 1.082 yang terdiri dari kelas IPA dan IPS.

Acep juga mendorong seluruh siswa untuk mendukung program Adiwiyata secara maksimal. Program Adiwiyata merupakan salah satu program dari Kementrian Lingkungan Hidup. Program ini dalam rangka mendorong terciptanya kesadaran dan pengetahuan warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

"Ya, kalau untuk siswa itu kita himbau untuk mendukung program Adiwiyata dengan cara membawa tumbler atau botol minum dari rumah, dan juga bawa makanan (bekal) sendiri dari rumah supaya mengurangi sampah makanan dan plastik di sekolah," katanya.

Dengan diterapkan program tersebut, diharapkan dapat diimplementasikan secara optimal bagi seluruh siswa serta menjadi generasi penerus bangsa yang mandiri, berkarakter, dan unggul.

"Ya, harapan kami SMA Sukakarya ini mempunyai kekhasan tersendiri. Kekhasan nanti yang bisa dibanggakan paling tidak oleh warga Sukakarya jadi harapan kita, anak yang lulus dari sini mempunyai karakter yang tidak memalukan di masyarakat. Termasuk bapak ibu gurunya pun dituntut untuk memberikan suri tauladan untuk anak-anaknya itu," harapnya.

Perlu diketahui bahwa SMAN 1 Sukakarya merupakan salah satu sekolah yang mendapat penghargaan Adiwiyata Nasional. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Pemerintah Jawa Barat pada 1 Desember 2022.

"SMAN 1 Sukakarya ini sudah masuk Adiwiyata Nasional dan mempersiapkan diri untuk Adiwiyata mandiri nasional, sehingga seluruh siswa diharapkan membantu program Adiwiyata dengan cara tadi membawa botol minum dan membawa tempat makanan begitupun dari guru-guru yang lainnya juga," pungkasnya.

Reporter : Refki Maulana

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Gelar IKP Goes To School Ke-2, Diskominfosantik Kenalkan Literasi Digital untuk Pelajar
PENDIDIKAN   May 16, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
167 Siswa SMPN 1 Sukakarya Ikuti PSAJ 2024 Berbasis Online
PENDIDIKAN   May 16, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Disdik Kabupaten Bekasi Imbau Kepala Sekolah Arahkan Kegiatan Outing Class Bernilai Edukasi
PENDIDIKAN   May 15, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Program Polisi Sahabat Anak, Polsek Cikarang Timur Terima Kunjungan Paud Annisa
PENDIDIKAN   May 14, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Jadikan Sampah Bernilai Ekonomis, SMAN 1 Sukakarya Dirikan Bank Sampah
PENDIDIKAN   May 14, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik