Jumat, 14 Juni 2024

Resmikan Ekoriparian Mega Regency, Wamen LHK : Mari Jaga Kualitas Air Sebagai Sumber Kehidupan

PEMERINTAHAN   Apr 16, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.299 Kali


id7072_Compress_20230416_132425_5768.jpg


SERANG BARU - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Dr Alue Dohong meresmikan Ekoriparian Mega Regency di Desa Sukaragam Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi, pada Sabtu (15/04/2023). 

Dalam sambutannya, Alue mengatakan untuk mewujudkan kualitas air yang bersih dan memenuhi standar tidaklah mudah. Ia mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama melakukan perbaikan kualitas air sungai sehingga terwujud kualitas air yang bersih dan dapat digunakan untuk semua. 

"Untuk itulah saya mengajak seluruh pemangku kepentingan, baik masyarakat, pelajar, mahasiswa, komunitas peduli sungai, pemerintah kecamatan, desa atau lurah, pemerintah daerah, para pelaku usaha dan lain-lain untuk saling bahu membahu berperan aktif secara bergotong-royong dalam keterpaduan langkah dan sinergi untuk perbaikan kualitas air kita," ucapnya saat memberikan sambutan. 

Ia menjelaskan, adanya Ekoriparian Mega Regency merupakan contoh dari restorasi atau pemulihan ekosistem aliran sungai untuk perbaikan kualitas air, terutama Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

"Kegiatan yang ada di sini antara lain, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang dapat mengolah air limbah domestik untuk 2.400 rumah tangga, pembuatan pupuk kompos dan rain water harvesting system (sistem penampungan air hujan)," paparnya. 

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan Ekoriparian sendiri merupakan pemanfaatan sempadan sungai sebagai tempat utama edukasi dan rekreasi dan silaturahmi antar masyarakat.

"Di Ekoriparian Mega Regency ini terdapat ruang terbuka hijau, lapangan futsal dan bulutangkis, Kios UMKM, kebun buah, hidroponik serta wahana flying fox sebagai sarana masyarakat berinteraksi, menjadi sehat, alam yang bertambah indah, dan yang terpenting kualitas airnya tambah baik" jelasnya. 

Sementara itu, Sekretaris Camat Serang Baru, Irwan Kurniawan menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi kepada semua pihak terkait dengan program Ekoriparian di wilayahnya. 

"Alhamdulillah kami mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pemerintah Kecamatan Serang Baru mendapat hadiah yang luar biasa. Insyaalloh amanah ini kita jaga khususnya di Perumahan Mega Regency. Saya juga merasa bangga mempunyai warga yang memiliki inovasi tentang bagaimana memanfaatkan lingkungannya," ucapnya.

Reporter : Arif Triarno

Editor     : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Pemkab Bekasi Promosikan Wisata Industri di Gebyar Wisata Nusantara Expo 2024
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bapenda Kabupaten Bekasi Perkuat Tim, Genjot Potensi Pajak di Semua Sektor
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Maksimalkan Pelayanan Publik, Kecamatan Muaragembong Hadirkan Inovasi Yanmas Mugeri
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Optimalkan PAD dan Piutang, Pemkab Bekasi Gelar Rapat Implementasi Pemungutan Retribusi Daerah
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Diskominfosantik Gelar Kegiatan Analis dan Diseminasi Data Statistik Sektoral
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik