Kamis, 22 Februari 2024

Ramadan Festival, Pemkab Bekasi Luncurkan Berbagai Bantuan untuk Masyarakat

PEMERINTAHAN   Apr 15, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 921 Kali


id7067_Compress_20230415_003133_3820.jpg
RAMFEST 2023 : Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, didampingi Sekda Dedy Supriyadi dan unsur Forkopimda, membuka secara resmi Ramadan Festival (Ramfest) 2.0 yang digelar dari 14-16 April 2023, di Museum Gedung Juang, Jl. Sultan Hasanudin, Tambun Selatan. FOTO : BAYU AJI S/NEWSROOM DISKOMINFOSANTIK.

TAMBUN SELATAN - Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelar acara Ramadan Festival (Ramfest) 2.0 yang diselenggarakan selama tiga hari, dari 14-16 April 2023, di Museum Gedung Juang, Jl. Sultan Hasanudin, Tambun Selatan. 

Acara yang diadakan Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi itu dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, didampingi Sekda Dedy Supriyadi dan jajaran Forkopimda, dengan menghadirkan bintang tamu penyanyi religi Opick. 

Pj Bupati Dani Ramdan mengatakan, Festival Ramadan digelar sebagai momentum bangkitnya Kabupaten Bekasi dari pandemi, dengan menghadirkan kegiatan ekonomi, sosial dan budaya. 

"Kegiatan ini juga untuk memeriahkan Ramadan, sebagai bulan penuh berkah yang selalu mendatangkan kegembiraan dan kebahagiaan, yang kita wujudkan dalam bentuk festival," kata Dani Ramdan, Jumat (14/04/2023). 

Selain menampilkan panggung hiburan dan stand produk UMKM asli Kabupaten Bekasi, Dani mengatakan, di acara Festival Ramadan ini juga diluncurkan berbagai bantuan untuk masyarakat, yang merupakan program Pemerintah Kabupaten Bekasi sepanjang tahun 2023.

"Ada sekitar 17 jenis bantuan yang diluncurkan, mulai dari bantuan sembako untuk keluarga miskin, bantuan uang untuk marbot masjid, guru ngaji, amil jenazah, penggali kubur, dan guru pesantren non ASN," terangnya. 

Tak hanya itu, lanjut Dani, bantuan juga diberikan untuk para petani dan pekerja rentan lainnya dalam bentuk asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan. 

"Kita juga berikan bantuan benih untuk para petani yang kemarin terdampak banjir. Kemudian bantuan Rutilahu dan SPALD-S," ujarnya. 

Selain itu, Pemkab Bekasi juga memberikan bantuan untuk penanganan stunting, berupa tambahan makanan seperti susu, telur dan biscuit. Kemudian penyerahan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sertifikat Halal untuk pelaku UMKM dan Sertifikat Halal. 

"Ya, bantuan ini menyeluruh, mudah-mudahan bermanfaat dan menjadikan masyarakat makin sejahtera," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Disbudpora Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha mengatakan, Festival Ramadan ini merupakan kegiatan tahun ke dua, yang dimeriahkan dengan mengundang budayawan serta penyanyi religi Opik dan dipadukan dengan kebudayaan Kabupaten Bekasi. 

"Alhamdulillah acara tadi berjalan dengan lancar dan masyarakat sangat antusias, meskipun diguyur hujan semoga membawa keberkahan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi," ungkapnya. 

Iman menjelaskan, acara Festival Ramadan sengaja digelar di Museum Gedung Juang, agar masyarakat bisa mengenal lebih luas sejarah dan budaya Bekasi, dimana Gedung Juang saat ini sudah menjadi ikon museum digital pertama di Indonesia. 

"Ya, kami mengajak masyarakat untuk datang di Festival Ramadan menjelang buka puasa, sambil Ngabuburit, sambil mengenal kuliner khas Kabupaten Bekasi, sekaligus menumbuhkan ekonomi para pelaku UMKM," ujarnya. 

Reporter : Andre M Jafar/M. Reza

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Pemkab Bekasi Matangkan Persiapan Tuan Rumah MTQ Tingkat Provinsi Jawa Barat
PEMERINTAHAN   Feb 22, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Hadiri Forum Perangkat Daerah se-Jabar, Kabupaten Bekasi Siap Dukung Jawa Barat Menjadi Smart Province
PEMERINTAHAN   Feb 21, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Diskominfosantik Pandu Perangkat Daerah Susun Daftar Informasi Publik
PEMERINTAHAN   Feb 21, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Prioritaskan Penanganan Longsor Jembatan Cipamingkis di Triwulan I
PEMERINTAHAN   Feb 21, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi : TMMD Ke-119 Tingkatkan Percepatan Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat
PEMERINTAHAN   Feb 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik