Rabu, 24 Juli 2024

Puskesmas Muaragembong Hadirkan Inovasi Jeklin, Siap Antar Jemput Ibu Bersalin

SOSIAL   May 29, 2024  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 213 Kali


id9774_WhatsApp Image 2024-05-29 at 18.59.31.jpeg
Kepala Puskesmas Muaragembong dr. Ridwan Meito Tomanyira

MUARAGEMBONG - Puskesmas Muaragembong mempunyai beberapa terobosan inovasi untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan. Salah satunya menghadirkan inovasi Jeklin (Ojek Ibu Bersalin) yang menyediakan ambulan gratis untuk antar jemput ibu bersalin di wilayah kerja Puskesmas Muaragembong.

Kepala Puskesmas Muaragembong, dr. Ridwan Meito Tomanyira menuturkan, hadirnya inovasi Jeklin berawal dari ibu hamil yang ingin melakukan persalinan ke Puskesmas karena terkendala oleh jarak. Oleh karena itu, inovasi Jeklin hadir membantu permasalahan ibu bersalin tanpa perlu khawatir masalah transportasi menuju fasilitas kesehatan Puskesmas.

Tujuan utama dari inovasi ini, sambungnya, untuk mencegah terjadinya kematian pada ibu dan bayi melahirkan dengan melakukan deteksi adanya resiko atau kelainan pada ibu dan janinnya sedini mungkin. Selain itu, ini juga sebagai bagian dari upaya pencegahan stunting.

"Ya, pencegahan stunting bukan hanya dari remaja saja, melainkan dari ibu hamil sehingga munculah inovasi Jeklin ini. Karena kita melihat ibu yang ingin melakukan persalinan terkendala karena jaraknya yang jauh dari Puskesmas, maka dari itu kita hadirkan inovasi ini untuk membantu ibu bersalin dengan sistem antar jemput serta pendampingan selama proses pemeriksaan kehamilan," ujarnya pada Rabu, (29/05/2024).

dr. Ridwan menambahkan, saat ibu hamil dirasa memiliki tanda-tanda persalinan, ibu hamil dapat menghubungi call center Puskesmas untuk dijemput ke fasilitas kesehatan (faskes). Pihaknya menjamin bahwa pelayanan yang diberikan ialah gratis untuk ibu hamil yang mau melakukan persalinan.

Lebih lanjut, tambah dia, pihaknya tengah menjalin kerjasama dengan berbagai elemen lintas sektor salah satunya pemerintah desa guna mendukung alat transportasi yang digunakan untuk membantu antar jemput ibu bersalin menuju Puskesmas.

"Karena kami dalam keterbatasan ambulan yang saat ini masih satu armada yang beroperasi. Kami sedang mengembangkan kerjasama dengan pemerintah desa supaya ambulan yang lainnya pun bisa saling mendukung penjemputan ibu hamil di desanya masing-masing untuk diantar ke Puskesmas Muaragembong," tambah dr. Ridwan.

Reporter : Refki Maulana

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Formula Kabupaten Bekasi Apresiasi Kemenag Launching Kampung Moderasi di Cikarang Timur
SOSIAL   Jul 19, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Peringati Hari Koperasi ke-77, Sekda Dedy Supriyadi : Koperasi Terus Berkembang dan Naik Kelas
SOSIAL   Jul 17, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dinas Pertanian Gelar dan Pasarkan Produk Hasil Pertanian dan Peternakan
SOSIAL   Jul 17, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Launching Bekasi Mentari Baznas, Dani Ramdan Lepas Rombongan Anak Yatim Tamasya ke TMII
SOSIAL   Jul 16, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Lomba Kampung Bersih Makin Berani, Momentum Gotong Royong Antar RT dan RW
SOSIAL   Jul 15, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik