Senin, 22 April 2024

PMI Gelar Lomba Traveling Kepalangmerahan Tingkat Madya dan Wira PMR Kontingen PMI Kecamatan se-Kab Bekasi

PEMERINTAHAN   Dec 18, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.754 Kali


id6370_WhatsApp Image 2022-12-19 at 07.28.08.jpeg
PMI : Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi menggelar Lomba Kepalangmerahan Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Madya dan Wira yang diikuti oleh perwakilan kontingen kecamatan se-Kabupaten Bekasi, yang berlangsung di Plaza Pemda Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat, pada Minggu (18/12).

CIKARANG PUSAT - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi menggelar Lomba Kepalangmerahan Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Madya dan Wira yang diikuti oleh perwakilan kontingen kecamatan se-Kabupaten Bekasi, yang berlangsung di Plaza Pemda Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat, pada Minggu (18/12/22) .

Ketua PMI Kabupaten Bekasi, Akhmad Kosasih mengatakan, Lomba Kepalangmerahan ini merupakan ajang pengamalan Tri Bhakti PMR yang bertujuan untuk membangun dan mengembangkan karakter kepalangmerahan agar siap menjadi relawan PMI di masa yang akan datang.

"Lomba ini bertujuan untuk mempererat persahabatan dan sebagai wadah komunikasi antar anggota PMR se-Kabupaten Bekasi, meningkatkan peran PMR dalam mendukung kapasitas organisasi dan pelayanan PMI Kabupaten Bekasi, serta meningkatkan peran PMR untuk menjadi model Sebaya, pendukung Sebaya dan pendidik Sebaya" ucap Akhmad Kosasih.

Melalui lomba ini, kata Kosasih, diharapkan generasi muda bisa lebih meningkatkan jiwa kepedulian terhadap sesama, untuk saling menolong dan berguna bagi masyarakat.

Dengan semakin banyaknya generasi muda yang memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi, semakin banyak juga sikap tolong menolong yang terbentuk tanpa membedakan satu dengan yang lainnya.

“PMR juga merupakan wadah organisasi remaja PMI yang nantinya akan memunculkan para relawan muda yang berkompeten. Lomba ini juga sebagai ajang untuk seleksi untuk Jumbara Nasional tahun 2023 di Provinsi Lampung,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kepala Markas PMI Kabupaten Bekasi, Meyliany menambahkan, dalam Lomba Kepalangmerahan ini menggunakan sistem Traveling dengan tujuh mata lomba. Diantaranya adalah Lomba Gerakan Kepalangmerahan, Lomba Kepemimpinan, Lomba Pertolongan Pertama, Lomba Pendidikan Remaja Sebaya, Lomba Kesehatan Remaja, Lomba Ayo Siaga Bencana, Lomba Donor Darah Sukarela.

"Jadi lombanya berjalan dengan sistem traveling. Dimana setiap kelompok harus melewati pos-pos yang sudah kami sediakan, dengan tujuh mata lomba tersebut," jelasnya.

Selain itu, pada acara ini juga dilaksanakan Lokakarya Manajemen PMR dan SIAMO untuk pembina PMR yang hadir dan Konferensi Forum Remaja Palang Merah Indonesia (FORPIS) perwakilan PMR se-Kabupaten Bekasi.

Dirinya berharap, seluruh anggota PMR tingkat Madya dan Wira se-Kabupaten Bekasi menjadi semakin kompak dan bisa melahirkan karakter pelajar Kabupaten Bekasi Makin Berani dan selalu Juara.

“Mudah-mudahan kegiatan perlombaan ini juga bisa dijadikan sebagai motivasi untuk mengembangkan pengetahuan yang lebih dalam tentang materi PMR sehingga mereka bisa menjadi modal terbaik bagi pemerintah daerah,” ujarnya.

Lomba Kepalangmerahan PMI Kabupaten Bekasi diikuti oleh PMR Unit Wira sebanyak 8 tim dan PMR Unit Madya sebanyak 7 tim dari seluruh Kecamatan se-Kabupaten Bekasi.

Mereka terdiri dari kontingen Kecamatan Babelan, Cibarusah, Cibitung, Cikarang Barat, Serang Baru, Setu, Tambelang, Tambun Selatan dan Kontingen Kecamatan Taruma Jaya.

Reporter : Nur Rachman Akbar

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

GP Ansor Dukung KH. Mamun Nawawi sebagai Pahlawan Nasional
PEMERINTAHAN   Apr 21, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Matangkan Persiapan, Sekda Dedy Supriyadi Tinjau Venue MTQ ke-38 Tingkat Jawa Barat
PEMERINTAHAN   Apr 21, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dinkes Kabupaten Bekasi Siapkan Layanan Kesehatan Selama MTQ ke-38 Jawa Barat
PEMERINTAHAN   Apr 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pererat Silaturahmi, Pj. Bupati Bekasi Hadiri Halal Bihalal Bersama TP PKK dan GOW Kabupaten Bekasi
PEMERINTAHAN   Apr 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Usai Libur Lebaran, Pemkab Bekasi Tancap Gas Gelar Botram di Kedungwaringin
PEMERINTAHAN   Apr 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik