Selasa, 21 Mei 2024

Pj Bupati Bekasi : Sembilan Kecamatan Masih Tergenang Banjir

PEMERINTAHAN   Mar 4, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 655 Kali


id6787_Compress_20230304_232623_3993.jpg
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, saat memimpin Rapat Updating Banjir bersama Tim Komando Kabupaten Bekasi, di Kantor BPBD Kabupaten Bekasi, Sabtu (4/3).

CIKARANG PUSAT - Pj. Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, saat ini masih terdapat 9 kecamatan yang masih tergenang banjir di Kabupaten Bekasi.

"Menurut laporan kemarin, kita ada 5 kecamatan yang masih mengalami genangan banjir dari 18 Kecamatan. Sekarang naik lagi menjadi 9 kecamatan," kata Dani Ramdan, saat memimpin Rapat Updating Banjir bersama Tim Komando Tanggap Darurat Bencana Hidrometeorologi, di Kantor BPBD Kabupaten Bekasi, Sabtu (4/3).

Menurutnya, 9 kecamatan yang mengalami kenaikan tersebut dikarenakan daerahnya yang merupakan dataran rendah sehingga terjadinya kenaikan air. Selain itu, sebagian wilayah tersebut ada di pesisir laut.

"Nah ini kita hanya bisa menunggu begitu air laut surut maka akan dengan sendirinya banjirnya berkurang, dengan catatan hujannya juga berkurang. Atau, kalaupun hujan, durasinya tidak terlalu panjang," ujarnya.

Dani juga menuturkan, untuk mengatasi persoalan banjir yang kerap terjadi di berbagai wilayah khususnya di Kabupaten Bekasi, perlu dilakukan berbagai cara pencegahan banjir agar dapat lebih ditekan di setiap tahunnya.

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh pemangku kepentingan agar memperbaiki sistem drainase agar bebas dari benda atau sampah yang bisa menghalangi saluran air.

"Sistem drainase, irigasi yang banyak dan kurang terawat, dan yang ada pun malah dikurangi fungsinya dengan pendangkalan, penyempitan, bangunan liar dan sampah. Ini yang menjadi perhatian kita ke depannya agar semua jajaran untuk memperbaiki," ucapnya.

Pj Bupati Bekasi juga menginstruksikan kepada tim komando agar terus fokus dalam memperbarui data, memantau dan melaporkan mana saja kecamatan yang belum ditangani secara optimal serta belum mendapatkan bantuan.

"Kita harus tetap bergerak dan terus berkoordinasi dengan instansi pusat terkait," pungkasnya.

Sumber : Prokopim Pemkab Bekasi.

Berita Lainnya

Peringati Harkitnas ke-116, Camat Muaragembong : Fase Kebangkitan Kedua di Era Kemajuan Teknologi
PEMERINTAHAN   May 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dinkes Kabupaten Bekasi - USAID Prevent TBĀ  Gelar Sosialisasi Pencegahan TBC
PEMERINTAHAN   May 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Lepas Jemaah Haji Kloter 19, Dani Ramdan Berpesan Jaga Kesehatan dan Ikuti Instruksi Petugas Haji
PEMERINTAHAN   May 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Semakin Menarik, Botram Serang Baru Padukan Layanan Publik dan Hiburan Masyarakat
PEMERINTAHAN   May 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik