Minggu, 05 Februari 2023

Pj Bupati Bekasi Hadiri Acara Bahtsul Masail Baznas dan LBM PCNU

PEMERINTAHAN   Dec 13, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 269 Kali


id6351_IMG_9605.jpg
BAHTSUL MASAIL : Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, membuka secara resmi acara Bahtsul Masail yang digelar Baznas Kabupaten Bekasi bersama LBM PCNU Kabupaten Bekasi di Aula Kantor Baznas Kabupaten Bekasi, Sukamahi, Cikarang Pusat, Selasa,(13/12/2023). Foto: Wulan MY/Newsroom Diskominfosantik

CIKARANG PUSAT - Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, membuka secara resmi acara Bahtsul Masail yang digelar Badan Amil Zakat Nasional (Basnaz) Kabupaten Bekasi bersama LBM Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Bekasi, di Aula Kantor Baznas Komplek Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat, pada Selasa (13/10). /12/2022).

Dua topik yang dibahas dalam Bahtsul Masail tersebut yakni Zakat Infaq dan Sodaqoh(ZIS) dari keuntungan pemenang tender dan penyaluran dana CSR perusahaan di Kabupaten Bekasi ke kota atau kabupaten lain.

"Ya, saya kira ini topik yang baru dan belum pernah didiskusikan. Makanya sangat menarik, dan kami hadirkan juga dari Kabag pengadaan barang dan jasanya juga, bersama para kiyai, untuk membahas tentang itu," kata Dani Ramdan. 

Terkait dana CSR, Dani Ramdan mengatakan hal itu merupakan kewajiban perusahaan. Tapi banyak diantaranya disalurkan ke daerah luar Kabupaten Bekasi, sehingga perlu diskusikan dari sisi syariah. 

Dani mengatakan, apapun nanti hasil diskusi ini, akan menjadi rujukan atau rekomendasi bagi Pemerintah Kabupaten Bekasi.

"Ya, misalnya perlu ada peraturan, apakah Perda atau Peraturan Bupati (Perbup) untuk tindak lanjutnya. Atau cukup dengan himbauan, kami akan menunggu hasil dari Bahtsul Masail ini," terangnya. 

Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Bekasi, Samsul Bahri, mengatakan, Bahtsul Masail ini adalah tradisi organisasi Nahdlatul ulama yang fungsinya untuk membahas atau mencari penyelesaian permasalahan aktual di tengah masyarakat untuk kepentingan umat.

“Bahtsul Masail ini diharapkan bisa memberikan jawaban dari sisi syariahnya. Nanti hasilnya akan kami sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk bisa menjadi suatu rekomendasi atau rujukan lebih lanjut,” katanya. 

Samsul menambahkan, meskipun Bahtsul Masail ini diselenggarakan oleh Baznas Kabupaten Bekasi dengan menggandeng Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PCNU Kabupaten Bekasi, namun forum tersebut bersifat independen dan murni kajian fikih. 

“Bagi Basnaz, forum ini adalah sebuah ikhtiar bahwa kami ingin mengoptimalkan potensi-potensi zakat infaq shadaqoh di Kabupaten Bekasi ini,” ujarnya. 

Reporter : Soni Suganda

Editor : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Pj Bupati Bekasi Ingatkan Kembali Perusahaan Pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja
PEMERINTAHAN   Feb 4, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Harapkan KNPI Kabupaten Bekasi Jadi Aktivis Entrepreneur
PEMERINTAHAN   Feb 4, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Launching Program Gemapatas, Kantor Pertanahan Ajak Masyarakat Patok Batas Tanah
PEMERINTAHAN   Feb 3, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tinjau TPA Burangkeng, Dani Ramdan Buka Dialog dengan Warga
PEMERINTAHAN   Feb 3, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kolaborasi dengan Dinsos, Disperkimtan Bantu Rutilahu Warga Miskin Ekstrem
PEMERINTAHAN   Feb 3, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik