Rabu, 08 Februari 2023

Pj Bupati Bekasi : Dana Desa Harus Berdampak pada Kesejahteraan Masyarakat

PEMERINTAHAN   Oct 27, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 339 Kali


id6008_Compress_20221027_203032_2614.jpg
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menghadiri acara Sosialisasi Optimalisasi Peran, Tugas dan Fungsi BPK dan DPR dalam pengawasan pengelolaan Dana Desa, di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, pada Kamis, (27/10/2022).

CIKARANG PUSAT - Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan meminta seluruh aparatur pemerintah desa dapat mengelola Dana Desa dengan baik, sehingga berdampak untuk kesejahteraan masyarakat. 

"Intinya harus ada untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, baik pendapatan warga, pembangunan infrastruktur, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sektor lainnya," kata Dani Ramdan di acara Sosialisasi Optimalisasi Peran, Tugas dan Fungsi BPK dan DPR dalam pengawasan pengelolaan Dana Desa, di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, pada Kamis, (27/10/2022).

Dani Ramdan menyampaikan sosialisasi pengelolaan dan pengawasan dana desa yang dikeluarkan dari APBN, memang menjadi salah satu objek pemeriksaan BPK.

Untuk itu jelas Dani, Pemerintah Kabupaten Bekasi sudah melakukan upaya dengan mengeluarkan pedoman pengelolaan Dana Desa.

"Kita setiap tahun sebenarnya mengeluarkan pedoman berupa Peraturan Bupati mengenai pemanfaatan, mulai dari perencanaan, pengalokasian, penganggaran, sampai laporan evaluasi dan pertanggungjawabannya," jelasnya. 

Dani menjelaskan Dana Desa ini akan diperiksa oleh BPK, melalui Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Pemerintah Kabupaten Bekasi.

"Biasanya mereka memeriksa dana Desa melalui kegiatan pemeriksaan LPPD, saat ini juga tengah berjalan pemeriksaan dari BPK," ungkapnya.

Acara sosialisasi yang digelar oleh Anggota Komisi XI DPR RI, Puteri Anetta Komarudin tersebut dihadiri Sekda Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi, Auditor Utama Keuangan Negara V BPK RI, Dori Santosa dan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jabar, Paula Henry Simatupang. 

Reporter : Fajar CQA

Editor     : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Camat Cibarusah bersama Bapenda Percepat Distribusi SPPT ke Tujuh Desa
PEMERINTAHAN   Feb 7, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Serahkan Tiga Wilayah Pelayanan PDAM Tirta Bhagasasi ke Pemkot Bekasi
PEMERINTAHAN   Feb 7, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi : Meningkatnya Dana Desa Harus Diiringi Peningkatan Kualitas Pembangunan
PEMERINTAHAN   Feb 7, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Cover Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Buruh Tani dan Pekerja Rentan
PEMERINTAHAN   Feb 7, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Desa Sukadami Tetapkan 50 Orang Penerima BLT Dana Desa
PEMERINTAHAN   Feb 6, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik