Rabu, 08 Februari 2023

Penguatan PDAM, Dewan Dorong Perda Inisiatif Tata Kelola Air

SUARA DEWAN   Sep 23, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 344 Kali


id5743_89993244.jpg
KETUA KOMISI I DPRD KABUPATEN BEKASI ANI RUKMINI

CIKARANG PUSAT - Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi Ani Rukmini menyampaikan dalam waktu dekat ini legislatif Kabupaten Bekasi bakal membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tata Kelola Air. Perda ini, diharapkan memberikan penguatan dari berbagai sektor khususnya kepada BUMD PDAM Tirtabhagasasi.

“Saat ini kita bakal menghadirkan Perda Inisiatif Tata Kelola Air, namun lebih mengerucut kepada tata kelola air minum, tujuannya untuk penguatan BUMD PDAM, karena PDAM itu perwakilan pemerintah, yang tugasnya memberikan penyediaan air bersih ke masyarakat,” ujarnya pada Jumat (23/9/2022).

Menurut dia, jika Perda tersebut disahkan maka PDAM Tirta Bhagasasi bisa mendapatkan banyak keuntungan, seperti peningkatan pendapatan, peningkatan jumlah pelanggan, dan jangkauan layanan termasuk kualitas air yang dihasilkan.

“Di wilayah kita punya banyak pabrik - pabrik, ketersedian air bisa dikelola oleh BUMD milik Kabupaten Bekasi. Kalau dikuasai oleh swasta, maka teknisnya bisa dibuat kesepakatan lanjutan baik itu sifatnya BOT-kah atau kerjasama, yang intinya penggunaan air bersih di kawasan industri juga bisa menjadi sumber pendapatan bagi Kabupaten Bekasi,” bebernya.

Jika terwujud dia berkeyakinan PDAM Tirtabhagasasi bakal menjadi perusahaan yang besar baik dari sisi jumlah pelanggan maupun pendapatan. Jika pendapatan meningkat maka maka bakal berimplikasi pada peningkatan pelayanan dan kualitas air bersih ke masyarakat dan PAD untuk Kabupaten Bekasi juga besar.

“Jika pendapatan PDAM besar, maka sambungan air bersih bakal terlayani hingga pelosok Kabupaten Bekasi. Kualitas air bersih juga bisa ditingkatkan, kendala-kendala permasalahan air bersih juga bisa teratasi,” terangnya. (*)

EDITOR: TATA JAELANI

Berita Lainnya

DPRD Gelar Paripurna Dewan PAW
SUARA DEWAN   Dec 28, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
BN Holik Berharap Forum Pondok Pesantren Jalin Kolaborasi dengan DPRD
SUARA DEWAN   Dec 8, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Silaturahmi dengan Wartawan, Ketua DPRD : Tampung Aspirasi Pers Untuk Majukan Kabupaten Bekasi
SUARA DEWAN   Dec 3, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
BN Holik Siap Kawal Pengajuan KH. Raden Ma'mun Nawawi sebagai Pahlawan Nasional
SUARA DEWAN   Nov 24, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
DPRD Kabupaten Bekasi Targetkan Raperda P4GN Rampung Akhir November
SUARA DEWAN   Nov 9, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik