Kamis, 13 Juni 2024

Pemerintah Kecamatan Bojongmangu Gelar Pembinaan BPD

PEMERINTAHAN   Mar 9, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 522 Kali


id6816_Compress_20230309_181741_1072.jpg


BOJONGMANGU - Pemeritah Kecamatan Bojongmangu menggelar Kegiatan Fasilitasi Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di aula kecamatan setempat, pada Kamis (9/3/2023). 

Camat Bojongmangu, Agung Suganda mengatakan, acara pembinaan tersebut untuk meningkatkan pemahaman tugas dan fungsi BPD terkait penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa. 

"Melalui kegiatan itu, anggota BPD diingatkan kembali akan tugas-tugasnya, bagaimana bersama dengan kepala desa misalnya terkait penyerapan aspirasi masyarakat dan pengesahan RAPBDes," ungkapnya.

Agung juga berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh semua anggota BPD di Kecamatan Bojongmangu sehingga terjalin sinergitas yang baik antara BPD dan pemerintah desa. 

"Ya, adanya BPD dan pemerintahan desa dengan berbagai fungsi dan kewenangannya diharapkan mampu mewujudkan sistem checks and balances dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dan juga sebagai mitra pemdes. Diharapkan dengan adanya penyegaran ini, BPD akan meningkatkan kinerjanya dan berperan aktif dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan desa," ungkapnya.

Ketua Forum BPD Kecamatan Bojongmangu, Ondang Donal mengatakan, kegiatan tersebut difokuskan pada pembuatan Rancangan Peraturan Desa dalam pelaksanaan tugas dan fungsi BPD tahun anggaran 2023, guna mendukung pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintahan desa. 

"Kita lebih membahas yang berkaitan dengan bagaimana cara pembuatan rancangan Peraturan Desa yang lebih teknis dalam pelaksanaan tugas dan fungsi (BPD) itu di lapangan, sehingga menjadi peraturan desa dan keputusan kepala desa," ujarnya.

Dirinya berharap, semua anggota BPD semakin optimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya agar rancangan peraturan desa dapat terselenggara secara maksimal. 

"Harapan dari hasil pembinaan ini, bisa diimplementasikan di lapangan secara menyeluruh supaya rancangan Peraturan Desa dapat berjalan lebih baik," pungkasnya.

Reporter : Soni Suganda/Refki

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Bapenda Kabupaten Bekasi Perkuat Tim, Genjot Potensi Pajak di Semua Sektor
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Maksimalkan Pelayanan Publik, Kecamatan Muaragembong Hadirkan Inovasi Yanmas Mugeri
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Optimalkan PAD dan Piutang, Pemkab Bekasi Gelar Rapat Implementasi Pemungutan Retribusi Daerah
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Diskominfosantik Gelar Kegiatan Analis dan Diseminasi Data Statistik Sektoral
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Indeks SPBE Kabupaten Bekasi Naik Signifikan, Diskominfosantik Jadi Pembicara di BRIN
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik