Kamis, 25 April 2024

Musrenbang Sukatani Usulkan Pengembangan Ekonomi melalui UMKM

PEMERINTAHAN   Feb 21, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 833 Kali


id6703_Compress_20230221_193925_5653.jpg


SUKATANI - Kecamatan Sukatani menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamata tahun 2023 di Gedung Serbaguna Kecamatan Sukatani pada Selasa (21/2/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Bappeda Kabupaten Bekasi Entah Ismanto dan Anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Himawan Abror.

Camat Sukatani, Imam Faturochman mengatakan, pihaknya akan fokus pada pengembangan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Ya, di Sukatani sudah terbentuk Forum UMKM, bahkan sudah bekerjasama dengan Kantor Pos melalui sistem pembayaran digital dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS)," katanya.

Selain pembangunan infrastruktur, lanjut Imam, pihaknya mengarahkan agar pembangunan di wilayahnya menyentuh kepada aspek sosial dan budaya. Salah satu usulan program dalam Musrenbang adalah pelatihan keterampilan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Betul, tujuannya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, serta mengenalkan ciri makanan khas seperti dodol asal Kabupaten Bekasi ini," ujarnya.

Imam mengungkapkan, dari usulan tujuh desa di Kecamatan Sukatani, sebanyak 115 usulan yang sudah diinput dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

"Usulan prioritas diantaranya pembangunan jembatan yang diharapkan dapat memperlancar mobilitas warga sehingga dapat meningkatkan perekonomian," terangnya.

Selain itu, untuk realisasi kegiatan pembangunan di tahun 2023, Kecamatan Sukatani mendapat 75 kegiatan, hasil usulan pembangunan pada Musrenbang sebelumnya.

"Alhamdulillah sudah direalisasikan dengan anggaran sekitar Rp 30 miliar yang terdiri dari 75 titik kegiatan," katanya.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Himawan Abror menambahkan, pihaknya akan mengawal usulan pembangunan dari daerah pemilihannya, agar bisa direalisasikan.

"Kita tetap fokus di infrastruktur, tetapi tidak mengesampingkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) agar ekonomi dan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat," tandasnya.

Reporter : Andre M Jafar
Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Jaga Kesehatan Peserta MTQ, PMI Kabupaten Bekasi Siagakan Ambulans dan Tim Medis
PEMERINTAHAN   Apr 25, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Tekankan Pentingnya Inovasi dan Teknologi dalam Penanggulangan Bencana
PEMERINTAHAN   Apr 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ade Muksin Terpilih Sebagai Ketua PWI Bekasi Periode 2024-2027, Pemkab Bekasi Beri Selamat
PEMERINTAHAN   Apr 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Cegah DBD Kepala Puskesmas Sukadami Ajak Masyarakat Budayakan PHBS
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Sukseskan MTQ ke-38 Jawa Barat, Pemkab Bekasi Gerakkan Perangkat Daerah dan Unsur Masyarakat
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik