Sabtu, 18 Mei 2024

Musrenbang Desa Ciantra Fokus Bangun Posyandu pada RKPDes 2024

DESAKU   Sep 19, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.152 Kali


id8259_Compress_20230919_183628_8540.jpg
Pemerintah Desa Ciantra Kecamatan Cikarang Selatan menggelar Musrenbangdes tahun anggaran 2024 yang dilaksanakan di aula kantor desa setempat dengan melibatkan seluruh perwakilan RW, pada Selasa (19/09/2023)

CIKARANG SELATAN - Pemerintah Desa Ciantra Kecamatan Cikarang Selatan menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun anggaran 2024 yang dilaksanakan di aula kantor desa setempat dengan melibatkan seluruh perwakilan RW, pada Selasa (19/09/2023).

Sekretaris Desa Ciantra, Triyono mengatakan, Musrenbangdes tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil musyawarah sebelumnya bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mengenai Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2024.

"Fokus kita kalau dana desa itu ke pembangunan Posyandu, sudah ada pengusulan dari 4 titik kemudian ada juga infrastruktur. Akan tetapi volumenya tidak terlalu banyak, karena ada beberapa infrastruktur yang sudah di bangun dari Pemda Kabupaten Bekasi," jelasnya.

Triyono menyebutkan, di tahun 2023 ini sejumlah program pembangunan dari Pemerintah Kabupaten Bekasi sudah terealisasi di wilayah Desa Ciantra, baik berupa perbaikan beberapa titik jalan lingkungan, drainase, serta sarana prasarana umum untuk masyarakat.

"Dari dinas terkait kemarin pembangunan sarana olahraga, ada lapangan bulu tangkis seperti itu. Semua terkoordinasi dengan desa, biasanya ada penyampaian laporan dan nanti surat hibah setelah selesai, mereka serahterimakan ke desa," ungkapnya.

Adapun usulan lain yang disampaikan dalam Musrenbang tadi, Triyono mengungkapkan sebagian besar mengenai perbaikan infrastruktur jalan yang digunakan untuk aktivitas warga setiap harinya. Seputar perbaikan serta pemberian rambu-rambu di titik yang rawan terjadi kecelakaan.

"Untuk per hari ini, usulan dari wilayah TCI atau RW 15 terkait jalan menuju sekolah SDN 03. Selain itu, usulan dari RW 01 berhubungan dengan jalan kabupaten, terdapat kendala ada penyeberangan yang rawan kecelakaan nanti kita akan usulkan juga karena ranahnya bukan wewenang kami sebagai Pemdes," terangnya.

Menurutnya, pembangunan tersebut tidak bisa ditanggung seluruhnya dengan APBDes, untuk itu pihaknya akan mendorong ke Musrenbang kecamatan mengingat volumenya yang lumayan besar.

"Kalau yang lain seperti penanganan stunting tetap masih menjadi prioritas ya sebagaimana perintah undang-undang tentunya," tutupnya

Reporter : Arif Tiarno
Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Gelar Halal Bihalal, Pemdes Sukadami Ajak Perangkat Desa Jaga Kekompakan dan Silaturahmi
DESAKU   Apr 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat Cikarang Utara Lantik Penjabat Kepala Desa Tanjungsari
DESAKU   Jan 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Musrenbang Desa Pantai Bahagia Prioritaskan Bangun Infrastruktur Jalan dan Jembatan
DESAKU   Jan 16, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Warga Lansia Desa Cibening Ikuti Skrining Katarak Gratis
DESAKU   Jan 11, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik