Rabu, 24 Juli 2024

MTQ ke-38 Jabar di Kabupaten Bekasi Jadi Barometer dan Penuhi Standar Nasional

MTQ KE-38 JABAR   May 4, 2024  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 331 Kali


id9620_Compress_20240504_150726_6260.jpg
Panggung utama MTQ ke-38 tingkat Jawa Barat di Plaza Pemda Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat. Foto : Endar Razi/Newsroom Diskominfosantik.

CIKARANG PUSAT – Ketua Koordinator Pengawas Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke -38 Provinsi Jawa Barat, Zaenal Abidin megakui persaingan tiap khalifah pada final di tiap cabang berlangsung kompetitif.

Baginya, kondisi ini membuktikan suksesnya pelatihan di tiap LPTQ di tiap daerah se-Jawa Barat. Bahkan, melihat pertandingan selama sepekan, kafilah tiap daerah berkembang pesat.

“Saya berharap pasca MTQ -38 Jabar yang dilaksanakan di Kabupaten Bekasi ini. Pembinaan dan pelatihan dilakukan secara terus menerus,” katanya, Sabtu (4/5/2024).  

Adapun pendekatan dalam pelatihan yang bisa dilakukan yakni dengan pendekatan langsung dan pendekatan aplikasi digital.  

“Mereka peserta itu, meski tidak berhadapan dengan pembina langsung tapi bisa dengan sistem digital, atau aplikasi yang bisa mereka ikuti,” imbuhnya.

Ia menambahkan, suksesi pelaksanaan MTQ -38 Jawa Barat yang dilaksanakan di Kabupaten Bekasi menjadi barometer. Baginya, event MTQ tahun ini sudah memenuhi standar Nasional. Artinya, menjadi gambaran bagi setiap kafilah, untuk bisa tampil maksimal saat nanti masuk pada tingkat Nasional.

“Dimana MTQ ke-38 Jawa Barat menjadi ukuran utama untuk menyeleksi kafilah yang nanti akan diturunkan pada MTQ tingkat Nasional,” katanya.

Dari segi pelayanan kesehatan juga, kata Zaenal, sangat maksimal. Hal ini menjadi nilai plus, karena dari sisi kafilah, juga secara aspek kesehatan semua sehat dan tidak ada yang mengalami kendala penurunan kesehatan saat bertanding.

“Belum ada terdengar, adanya keluhan kesehatan. Peserta sakit, atau lainnya. Artinya dari sisi pelayanan jasmani dan kebersihan,” lanjutnya.

Selanjutnya berkaitan dengan Jawa Barat kembali juara di tingkat Nasional, MTQ ke -38 di Kabupaten Bekasi menjadi penentu capaian hasil maksimal di tingkat Nasional. Dimana, penempatan Dewan Hakim dan Pengawas, memenuhi standar Nasional, sehingga Dewan Hakim, dan pengawas memberikan pengaruh psikologis pada tiap peserta.

“Penyelenggaraan MTQ tingkat Jawa Barat di Kabupaten Bekasi, dengan fasilitas yang memadai, ini sudah level nasional,” ujarnya.

Reporter : Dani Ibrahim

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Buku Karya Tulis Ilmiah Al-Quran Hasil MTQ Jabar Dibagikan ke Masjid dan Perpustakaan Kampus
MTQ KE-38 JABAR   May 7, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ini Para Peserta Terbaik yang Mengantarkan Kabupaten Bekasi Juara Umum MTQ Jabar 2024
MTQ KE-38 JABAR   May 5, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ini Peringkat Prestasi Daerah pada MTQ ke-38 Tingkat Jawa Barat 2024
MTQ KE-38 JABAR   May 5, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Prestasi Juara Umum MTQ Jabar untuk Kabupaten Bekasi Hasil Kerja Keras Selama Dua Tahun
MTQ KE-38 JABAR   May 5, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Sekda Jabar : Kabupaten Bekasi Penyelenggara Terbaik Sepanjang Sejarah MTQ Jabar
MTQ KE-38 JABAR   May 5, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik