Kamis, 02 Desember 2021

Luncurkan Pandawa, BPJS Kesehatan Cikarang Buka Layanan Lewat Whatsapp

COVID - 19   Sep 4, 2020  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 6.250 Kali


86IMG_20200904_060956.JPG


CIKARANG - Untuk memberikan kenyamanan kepada para peserta dan calon peserta program JKN KIS, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membuka pelayanan melalui aplikasi WhatsApp.

Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Cikarang, Nurifansyah mengatakan, aplikasi yang bernama Pandawa (Pelayanan Administrasi Melalui WA) ini bertujuan untuk meminimalisir kontak fisik dan membatasi jumlah antrian di kantor cabang.

"Masyarakat Kabupaten Bekasi bisa mendapatkan pelayanan BPJS Kesehatan Cabang Cikarang melalui WA ke Nomor 0813 8666 3332," ujarnya.

Nurifansyah menyebutkan, dengan adanya pelayanan administrasi melalui WA ini diharapkan dapat membantu mencegah penyebaran Covid-19. Karena dengan Pandawa ini pelayan dilakukan tanpa tatap muka sehingga lebih nyaman dan aman.

Setidaknya terdapat sepuluh layanan dengan kode berbeda yang dibuka melalui WA. Kesepuluh layanan itu yakni pendaftaran baru (A), penambahan anggota keluarga (B), pendaftaran bayi baru lahir (C), perubahan segmen (D), perubahan identitas (E).

Lalu perubahan gaji golongan (F), perubahan fasilitas kesehatan tingkat pertama (G), penonaktifan peserta meninggal (H), perbaikan data ganda (I), dan pengaktifan kembali kartu peserta (J).
 
“Kemudian warga yang hendak mengurus BPJS Kesehatan melalui WA dapat menggunakan format yaitu nama pelapor spasi nama peserta spasi nomor kartu atau KTP nomor HP dan kode layanan. Misalnya perubahan identitas berarti kodenya E, pendaftaran bayi baru lahir kodenya H dan seterusnya,” kata Ifan, panggilan akrab Nurifansyah.

Menurut Ifan, layanan ini mulai dibuka sejak Agustus lalu dan mulai banyak digunakan oleh para peserta.

 “Hitungannya dari jumlah peserta yang kami layani di kantor itu biasanya sampai sekitar 200 orang lebih. Sekarang paling hanya 60-70 orang, sisanya pakai yang pandawa itu,” ucap dia.

Seluruh pengajuan melalui WA ini nantinya akan dilayani oleh petugas di kantor. Setiap pengajuan akan diarahkan hingga selesai pada hari yang sama. 

“Jadi seluruh administrasinya selesai hari itu juga. Namun pelayanan WA-nya sesuai jam kerja dari jam 8 pagi sampai 3 sore. Kalau lebih dari jam segitu ya dilayani keesokan harinya,” ucap dia.

Ifan menambahkan, layanan via WA ini melengkapi pelayanan jarak jauh lainnya. Sebelumnya, BPJS Kesehatan pun memiliki aplikasi android Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Care Center via telepon 1500-400.

Reporter : Muh Ikbal
Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

UPDATE Covid-19 dan Vaksinasi Kabupaten Bekasi, 2 Desember 2021
COVID - 19   Dec 2, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Imbau Masyarakat Perketat Prokes dan Tidak Berkerumun
COVID - 19   Dec 1, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Muspika Muaragembong Gelar Operasi Yustisi Cegah Varian Baru Covid-19
COVID - 19   Dec 1, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
90,4 Persen Warga Kecamatan Bojongmangu Sudah Divaksin
COVID - 19   Dec 1, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Vaksinasi Desa Sukadami Capai 95 Persen
COVID - 19   Nov 26, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik