Kamis, 13 Juni 2024

Kecamatan Pebayuran Gelar Simulasi Penyelamatan Korban Bencana Banjir

PEMERINTAHAN   May 15, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 559 Kali


id7221_WhatsApp Image 2023-05-15 at 17.57.07-min.jpeg
LATIHAN : - Dalam rangkaian peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) sekaligus mensukseskan Pemecahan Rekor Muri Kabupaten Bekasi, Kecamatan Pebayuran menggelar simulasi kesiapsiagaan bencana di Desa Sumbersari, Kecamatan Pebayuran, Senin (15/05/2023) pagi Wib.

PEBAYURAN - Dalam rangkaian peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) sekaligus mensukseskan Pemecahan Rekor Muri Kabupaten Bekasi, Kecamatan Pebayuran menggelar simulasi kesiapsiagaan bencana di Desa Sumbersari, Kecamatan Pebayuran, Senin (15/05/2023) pagi WIB.

Kegiatan simulasi tersebut diikuti oleh Muspika Kecamatan Pebayuran beserta seluruh jajarannya, Polsek, Koramil, Satpol PP, Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB), Pemerintah Desa, Destana, Patriot Desa, Puskesmas Pebayuran, Tagana, dan masyarakat setempat serta unsur relawan lainnya yang turut berpartisipasi dalam kegiatan simulasi ini.

Gerakan simulasi tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Bekasi dalam mensukseskan pemecahan Rekor Muri Indonesia. 

Ketua FPRB Kecamatan Pebayuran, Ahmad Syarifudin mengatakan, dalam mensukseskan pemecahan rekor muri, pihaknya telah bersinergi dan berkoordinasi dengan maksimal bersama seluruh pihak di wilayah Pebayuran. Selain itu, pihaknya juga telah melakukan berbagai persiapan dengan matang untuk pelaksanaan simulasi kesiapsiagaan bencana ini.

"Alhamdulillah untuk persiapannya sendiri kita sudah delapn hari persiapannya sampai saat ini. Bahkan kita juga sudah melakukan simulasi beberapa kali selama tiga hari kemarin sampai gladi bersih juga kita laksanakan," ujarnya.

Dia menambahkan, mengingat banjir menjadi potensi terbesar di wilayah Pebayuran, simulasi ini menggunakan skenario terjadinya bencana banjir yang menimbulkan korban tenggelam. Kemudian langsung dievakuasi oleh tim relawan banjir dengan peralatan yang telah disiapkan lalu dibawa ke posko darurat terdekat.

"Yang kita siapkan untuk kegiatan simulasi sendiri ada pelampung, tambang, posko darurat dan alat-alat kecil lainnya," tambahnya.

Lebih lanjut, Sekretaris Camat Pebayuran, Tina Karini Suciati Santoso, menuturkan, dengan adanya kegiatan positif ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran maupun pengetahuan dalam penanggulangan resiko bencana terhadap masyarakat.

"Kami dari Pemerintahan Kecamatan Pebayuran sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan simulasi dalam hari kesiapsiagaan bencana tahun 2023 ini, dengan demikian dapat melibatkan masyarakat dan semua unsur kebencanaan untuk aktif terlibat dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, sehingga dengan adanya pengetahuan dan juga literasi terhadap evakuasi mandiri dapat mencegah hal-hal terjadinya bencana di Kabupaten Bekasi," tuturnya.

Selain itu, Kepala Desa Sumbersari, Enur Padilah menghimbau kepada masyarakat sekitar, agar selalu siap siaga dan waspada manakala terjadi bencana yang tak terduga di kemudian hari.

"Himbauan saya kepada masyarakat sebelum terjadinya bencana kita siapkan hal-hal yang berharga lebih dulu misalnya surat-surat ataupun dari jiwa yang memang perlu diselamatkan," tutupnya.

Reporter : Refki Maulana

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Bapenda Kabupaten Bekasi Perkuat Tim, Genjot Potensi Pajak di Semua Sektor
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Maksimalkan Pelayanan Publik, Kecamatan Muaragembong Hadirkan Inovasi Yanmas Mugeri
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Optimalkan PAD dan Piutang, Pemkab Bekasi Gelar Rapat Implementasi Pemungutan Retribusi Daerah
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Diskominfosantik Gelar Kegiatan Analis dan Diseminasi Data Statistik Sektoral
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Indeks SPBE Kabupaten Bekasi Naik Signifikan, Diskominfosantik Jadi Pembicara di BRIN
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik