Selasa, 07 Februari 2023

Kantin Kejujuran SMPN 2 Tambun Selatan, Didik Siswa Jujur dan Tak Bisa Berbohong

PENDIDIKAN   Oct 3, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 894 Kali


id5825_Compress_20221003_105753_3173.jpg
KANTIN KEJUJURAN : Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan berbincang dengan para siswa saat mengunjungi Kantin Kejujuran di SMPN 2 Tambun Selatan, pada Jumat (30/09/2022). FOTO : ANDRE M JAFAR/NEWSROOM DISKOMINFOSANTIK.

TAMBUN SELATAN - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Tambun Selatan mempunyai program inovatif Kantin Kejujuran untuk melatih keuangan dan pendidikan karakter tentang kejujuran para siswa. 

Sekolah yang berlokasi di Jl. Kebon Kelapa No. 128 Desa Tambun Kecamatan Tambun Selatan ini mengembangkan konsep dimana peserta didik harus membiasakan jujur sejak dini, sehingga menjadi terbiasa ketika mereka sudah dewasa. 

"Ya, kantin kejujuran itu bagaimana peserta didik dilatih kejujuran, karena jujur itu menyenangkan, sehingga sifat karakter peserta didik menjadi baik," kata Kepala Sekolah SMPN 2 Tambun Selatan, Unang Pratama, saat ditemui di kantornya, Senin (03/10/2022). 

Unang menjelaskan, untuk para pedagang di kantin sekolah SMPN 2 Tambun Selatan, semuanya berasal dari waga sekitar yang menjual makanan dan minuman produk UMKM lokal. 

"Tapi kita tentukan syarat-syaratnya, seperti makanan harus sehat, tidak menggunakan bahan yang berbahaya untuk kesehatan, seperti zat pewarna, serta makanan yang tidak kadaluwarsa," terangnya. 

Unang mengatakan, untuk cara pembayaran di kantin kejujuran itu, semua peserta didik sudah menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) secara digital. 

"Alhamdulillah kami sudah bekerjasama dengan pihak Bank Bjb untuk peserta ketika mau bayar dengan menggunakan QRIS, nah di situ peserta didik tidak bisa berbohong," ungkapnya. 

Dirinya berharap dengan adanya program ini semua peserta didik bisa mengimplementasi nilai-nilai kejujuran secara baik, serta bisa menguatkan pendidikan karakter bagi para siswa. 

Reporter : Andre M Ja'far

Editor     : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Siswa SDN Ciantra 02 Ikuti Sosialisasi Bahaya Narkoba
PENDIDIKAN   Jan 31, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Yana Suyatna Apresiasi Kegiatan Kursus Pembina Pramuka
PENDIDIKAN   Jan 16, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan Lantik Dewan Pendidikan Periode 2022-2027
PENDIDIKAN   Dec 29, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Universitas Pelita Bangsa Gelar Seminar Nasional Strategi Pembelajaran Abad ke-21
PENDIDIKAN   Dec 24, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
SMPN 2 Serang Baru Gelar Pameran “Guruku Inspirasiku”
PENDIDIKAN   Dec 14, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik