Kamis, 13 Juni 2024

Jabar Saber Hoaks Ajak Mahasiswa STAI At-Taqwa Lawan Hoaks Jelang Pemilu 2024

PENDIDIKAN   May 16, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 535 Kali


id7237_Compress_20230516_193610_0486.jpg


BABELAN -  Unit Jabar Saber Hoaks Pemprov Jawa Barat menggelar kegiatan Pelatihan Cek Fakta Mandiri Jabar Saber Hoaks, di aula Sekolah Tinggi Agama IsIam At-Taqwa (STAIA) Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, pada Selasa (16/05/2023). 

Kegiatan tersebut dalam rangka sosialisasi pentingnya melawan berita bohong (hoaks) terutama dalam menghadapi Pemilu 2024 melalui program Keliling Jabar Belajar Literasi Baik Asyik dan Fun (Kejar Tabayyun). 

"Kegiatan ini sebagai sosialisasikan kepada para mahasiswa dan pelajar dalam menggunakan sosial media dan internet agar terhindar dari berita hoaks menjelang Pemilu 2024. Kita adakan literasi digital atau pelatihan cek fakta mandiri di lingkungan kampus dan sekolah," kata perwakilan Jabar Saber Hoaks, Ganjar Darussalam. 

Ganjar menjelaskan, Unit Jabar Saber Hoaks berkeliling ke 27 kabupaten/kota di Jawa Barat, untuk menyosialisasikan kepada mahasiswa dan pelajar bahaya hoaks menjelang tahun politik Pemilu 2024.

"Ya, menjelang tahun politik tahun 2024, tentu itu menjadi ladang bagi oknum tertentu yang ingin menyebarkan hoaks di media sosial dan tujuannya jelas untuk memecah-belah persatuan bangsa," ucapnya. 

Dia menuturkan, Unit Jabar Saber Hoaks juga akan merangkul pondok pesantren dan para ulama, sebagai garda terdepan dalam melawan hoaks di internet dan media sosial. 

"Ya, terutama hoaks yang bernafaskan agama dan membawa unsur agama, karena hoaks politik itu tidak sedikit berkaitan agama, dan agama menjadikan alat kepentingan bagi kelompok tertentu," katanya. 

Lebih lanjut Ganjar menyebutkan, untuk mencegah beredarnya berita hoaks di masyarakat, pihaknya sudah membentuk Unit Saber Hoaks di semua kota/kabupaten di Jawa Barat. 

"Mengacu pada Jabar Saber Hoaks di Pemprov Jawa Barat, kami komitmen dan konsisten dalam melawan hoaks, bukan hanya tingkat provinsi tapi sampai ke daerah kabupaten/kota," katanya. 

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) pada Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Rhamdan Nurul Ikhsan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bekasi menyambut baik kegiatan Kejar Tabayyun dari Jabar Saber Hoaks di bawah Diskominfo Jawa Barat. 

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat terutama untuk para pelajar, mahasiswa dan peserta lainnya, tentang bagaimana memahami bahaya berita dan informasi hoaks di tengah masyarakat.

"Kita tahu sekarang sudah memasuki tahun politik, tentu akan sangat banyak berita dan informasi yang dibuat untuk menyesatkan masyarakat atau bahkan bisa menganggu keamanan dan ketertiban masyarakat," ucapnya. 

Rhamdan menjelaskan, kegiatan Jabar Saber Hoaks dilaksanakan di beberapa tempat di Kabupaten Bekasi. Di antaranya di SMK Negeri 1 Cikarang Utara dan di STAI At-Taqwa Babelan. 

"Pemkab Bekasi siap membantu menginformasikan kepada masyarakat, pentingnya menyadari bahaya dari hoaks dan bagaimana kita bisa memilah berita dan informasi yang benar supaya tidak asal ngeshare saat menerima informasi dari media sosial," katanya. 

Sementara itu, Dosen Komunikasi Penyiaran Islam STAI At-Taqwa Bekasi, Maghfur Ghazali berharay, kegiatan Kejar Tabayyun dari Jabar Saber Hoaks ini bisa mengedukasi mahasiswa tentang bahaya hoaks, terutama dari media sosial. 

"Ya, ini sangat bagus karena bisa mengedukasi, data kita menunjukkan, masih banyak masyarakat yang tidak paham berita hoaks," ucapnya. 

Reporter : M. Reza

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Forum Pondok Pesantren Kabupaten Bekasi Resmi Jadi Ormas Terdaftar di Kesbangpol
PENDIDIKAN   Jun 8, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Hadiri Pelepasan dan Wisuda Santri Pondok Pesantren Ibnu Abbas Cikarang
PENDIDIKAN   Jun 8, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Resmi Luncurkan Fitur PPDB Online Lewat Aplikasi Bebunge
PENDIDIKAN   Jun 8, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Optimalkan Warga Sekitar dan Kurang Mampu, Pemkab Bekasi Tambah Kuota Zonasi PPDB Jadi 80 Persen
PENDIDIKAN   May 30, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat Tamara Najmuddin Komitmen Sukseskan PPDB Online 2024
PENDIDIKAN   May 30, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik