Rabu, 24 Juli 2024

Diskominfosantik Gelar Kegiatan Analis dan Diseminasi Data Statistik Sektoral

PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 145 Kali


id9865_Compress_20240613_150859_9210.jpg
Kepala Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Yan Yan Akhmad Kurnia.

CIKARANG PUSAT - Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Bekasi menggelar kegiatan Analis dan Diseminasi Data Statistik Sektoral bersama perangkat daerah yang digelar di Hotel Sakura Park, Deltamas Cikarang Pusat, pada Kamis (13/6/2024).

Kepala Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Yan Yan Akhmad Kurnia mengatakan, kegiatan Analis dan Diseminasi Data merupakan rangkaian tahap akhir dari pengelolaan data statistik. Mulai dari perencanaan, pengumpulan, pengolahan, pemeriksaan, sampai data tersebut dianalisis dan didesiminasi. 

"Kami berharap melalui kegiatan ini, perangkat daerah dapat memilah dan memilih data yang ada, kemudian dianalisis. Untuk data yang bersifat publik bisa didesiminasikan atau disebarluaskan ke masyarakat," terangnya. 

Yan Yan menuturkan, proses analisis dan diseminasi bertujuan agar data yang ada di setiap perangkat daerah lebih bermanfaat untuk masyarakat. 

"Kalau data tersebut hanya disimpan maka sisi kemanfaatannya kurang, makanya perlu dianalisis, dinarasikan kemudian hasilnya bisa disebarluaskan ke masyarakat atau untuk kepentingan perangkat daerah itu sendiri," ujarnya. 

Ia menjelaskan, Dinas Kominfosantik sebagai wali data menjalankan fungsinya dengan mengumpulkan dan menyebarluaskan data sektoral yang bersifat prioritas melalui portal Satu Data Kabupaten Bekasi. 

Kepala Bidang Statistik Sektoral Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Intan Komala mengatakan, data yang dikumpulkan dari perangkat daerah adalah yang mengandung unsur-unsur statistik. 

"Sebenarnya banyak data di setiap perangkat daerah yang mengandung unsur statistik dan bisa dijadikan big data. Karena itu melalui kegiatan ini kita coba analisis data mana saja yang termasuk prioritas dan bisa didiseminasikan," ujarnya. 

Intan berharap melalui kegiatan tersebut, setiap perangkat daerah dapat menambah pengetahuan dan mengetahui apa saja yang bisa mereka lakukan terhadap data yang ada di perangkat daerah. 

Reporter : Andre M Jafar

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Serahkan SK Forum IPSM, Pj Bupati Dani Ramdan Dorong Penguatan Data DTKS Lebih Valid
PEMERINTAHAN   Jul 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Perkuat Komunikasi HRD Perusahaan, Dani Ramdan Jadi Narasumber Dialog Interaktif Daerah
PEMERINTAHAN   Jul 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Lomba Kampung Bersih Makin Berani, Kabupaten Bekasi Siap Pecahkan Rekor Muri
PEMERINTAHAN   Jul 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
UPTD Pengelolaan Persampahan Wilayah IV Siap Sukseskan Lomba Kampung Bersih Makin Berani
PEMERINTAHAN   Jul 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Musik Angklung Sambut Dani Ramdan Sosialisasi Lomba Kampung Bersih di Bojongmangu
PEMERINTAHAN   Jul 22, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik