Kamis, 13 Juni 2024

Dinas Pertanian Bersama Petani Kedungwaringin Gelar Panen Padi Nusantara

PEMERINTAHAN   Mar 10, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 810 Kali


id6820_Compress_20230310_102624_4530.jpg
Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi bersama para petani Kedungwaringin melakukan Panen Nusantara, di Desa Mekarjaya Kecamatan Kedungwaringin, pada Kamis (09/03/2023).

KEDUNGWARINGIN - Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, bersama BPS Kabupaten Bekasi, melakukan Panen Padi Nusantara di 15 hektar lahan sawah di Desa Mekarjaya Kecamatan Kedungwaringin, pada Kamis (09/03/2023). 

Subkoordinator Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Dodo Hadi Triwardoyo mengatakan, panen padi di Kedungwaringin ini merupakan bagian dari kegiatan Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar secara serentak di seluruh Indonesia yang dilaksanakan pada 9-11 Maret 2023.

Dia menuturkan, meskipun beberapa wilayah pertanian padi Kabupaten Bekasi sempat terdampak banjir, tetapi dengan digelarnya Panen Padi Nusantara ini membuktikan lahan pertanian di Kabupaten Bekasi masih produktif.

"Panen padi di Kedungwaringin menghasilkan gabah 88,83 ton dari luas lahan 15 hektar dengan rata-rata provitas 58,88 Ku/Ha sesuai standar hasil ubinan BPS," ungkap Dodo. 

Dodo menyampaikan saat ini Kabupaten Bekasi telah memasuki musim panen padi di beberapa wilayah kecamatan yang memiliki lahan pertanian.

"Secara keseluruhan di Kabupaten Bekasi saat ini sudah memasuki musim panen, di antaranya di Kecamatan Kedungwaringin, Pebayuran, Karangbahagia, Sukakarya dan Muaragembong," jelasnya.

Menurutnya panen ini bisa menjadi bukti sektor pertanian di Kabupaten Bekasi masih mampu menjamin ketersediaan pangan khususnya beras.

"Kegiatan Panen Padi Nusantara ini menjawab bahwa walaupun areal pesawahan di Kabupaten Bekasi dilanda banjir tapi masih tetap menghasilkan panen padi di beberapa kecamatan," katanya.

Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar yang dilaksanakan serentak secara nasional ini bertajuk Padi Petani Kita Untuk Indonesia. 

Kegiatan tersebut dihadiri Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Camat Kedungwaringin, Pemdes Karangmekar BPTPH Jabar, PPL dan POPT, serta para petani di Kecamatan Kedungwaringin. 

Reporter : Fajar CQA

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Optimalkan PAD dan Piutang, Pemkab Bekasi Gelar Rapat Implementasi Pemungutan Retribusi Daerah
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Diskominfosantik Gelar Kegiatan Analis dan Diseminasi Data Statistik Sektoral
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Indeks SPBE Kabupaten Bekasi Naik Signifikan, Diskominfosantik Jadi Pembicara di BRIN
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kecamatan Karangbahagia Optimis Jadi Tuan Rumah MTQ ke-56 Tingkat Kabupaten Bekasi
PEMERINTAHAN   Jun 12, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Sambut Baik Panen Raya Bawang Merah di Urban Farming Korem 051/WKT Kodam Jaya
PEMERINTAHAN   Jun 11, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik