Sabtu, 18 Mei 2024

Desa Sukadami Target UHC Capai 98 Persen

SOSIAL   Mar 17, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 847 Kali


id6888_Compress_20230317_203249_9451.jpg
TARGET : Pemerintah Desa Sukadami menargetkan pencapaian program Universal Health Coverage (UHC) sebanyak 98 persen di wilayahnya. Dari data per Maret tahun 2023, UHC Desa Sukadami mencapai 94 persen dari jumlah penduduknya.

CIKARANG SELATAN - Pemerintah Desa Sukadami menargetkan pencapaian program Universal Health Coverage (UHC) sebanyak 98 persen di wilayahnya. Dari data per Maret tahun 2023, UHC Desa Sukadami mencapai 94 persen dari jumlah penduduknya.

 "Ya, Berdasarkan angka yang dirilis kurang lebih sebanyak 2.900 harus mencapai target diangka 98 persen sekian, kami baru mencapai diangka 94 persen. Berarti kurang lebih harus dinaikin 5 persen untuk mencapai target," ungkap Sekretaris Desa Sukadami, Abeng Arief saat ditemui di ruangan kantornya pada Jumat (17/03).

Abeng Arief menjelaskan, dalam mencapai target UHC, pihaknya telah berkoordinasi dengan para ketua RT/RW, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi.

"Untuk mencapai target UHC kami pemerintahan desa telah menandatangani nota kesepakatan bersama atas perintah Pj Bupati yang sesuai dengan UU. Kami juga telah mengumpulkan ketua RT/RW dengan merilis data dari BPJS untuk memvalidasi dilapangan," jelasnya.

Abeng Arief juga menambahkan, program tersebut wajib diprioritaskan kepada masyarakat yang membutuhkan dan memastikan pelaksanaannya sesuai dengan kriteria masyarakat di lapangan.

"Kami melakukannya secara door to door dan memastikan bahwa masyarakat itu benar-benar tidak memiliki Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan berbagai kriteria dan sasaran utama kita di UHC ini adalah masyarakat yang tidak mampu dan itu yang harus kita selamatkan," paparnya.

Dari 180 Desa yang ada di Kabupaten Bekasi, Sukadami menjadi satu-satunya yang terpilih sebagai pilot project dari UHC tersebut.

"Kami sangat bangga dan berterima kasih ini adalah wujud nyata dari implementasi pak PJ Bupati Bekasi yang mana beliau dua hari terakhir mendapatkan penghargaan nasional dan kami satu-satunya desa yang menjadi pilot project UHC tersebut dari 180 desa yang lain," tandasnya.

Reporter : Soni Suganda

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan Hadiri Rakor DPD KNPI
SOSIAL   May 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Pimpin Peletakan Batu Pertama Enam Rumah Ibadah
SOSIAL   May 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Cegah Penyebaran DBD, Karang Taruna Desa Wibawamulya Lakukan Fogging
SOSIAL   May 8, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dinkes Kabupaten Bekasi Upayakan Cegah Thalasemia Sejak Dini
SOSIAL   May 7, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Lindungi Relawan Kebencanaan dengan BPJS Ketenagakerjaan
SOSIAL   May 6, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik