Kamis, 25 April 2024

Desa Ridogalih Cibarusah Terpilih sebagai Lokasi P2WKSS Tahun 2023

PEMERINTAHAN   Mar 2, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.391 Kali


id6766_Compress_20230302_214041_1279.jpg


CIBARUSAH – Pemerintah Kabupaten Bekasi secara resmi telah menunjuk Desa Ridogalih Kecamatan Cibarusah sebagai lokasi program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tahun 2023, sekaligus menjadi wakil daerah dalam lomba P2WKSS tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Dari setiap program P2WKSS dari tahun ke tahun tentu ada tujuan dan hasil yang ingin dicapai. Di Kecamatan Cibarusah ini, kami ingin menurunkan angka stunting dan meningkatkan pembangunan sumber daya manusia khususnya kaum perempuan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Bekasi, Ani Gustini, usai acara Rapat Koordinasi Kelompok Kerja SKPD P2WKSS Tahun 2023, di Kantor Desa Ridogalih, Cibarusah, pada Kamis (02/03/23).

Pada rapat tersebut, pihaknya mengundang seluruh stakeholder termasuk pihak swasta, yang diharapkan bisa menyalurkan CSR-nya untuk menunjang program P2WKSS tahun 2023.

Ani juga menyampaikan, program P2WKSS juga menargetkan pemerataan pembangunan infrastruktur sebagai sendi kehidupan yang paling penting bagi masyarakat di pedesaan.

Menurutnya, dengan tersedianya infrastruktur yang memadai di lingkungan pedesaan yang ditunjang dengan edukasi dan pelatihan kepada masyarakat, maka secara otomatis tujuan dari peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera tercapai sesuai sasarannya.

“Kegiatan ini akan merubah paradigma masyarakat di pedesaan agar jauh lebih berkembang, berkompeten dan berketerampilan dari program-program yang akan berjalan disini. Sehingga dengan begitu tujuan meningkatkan SDM khususnya perempuan berjalan dengan baik,” katanya.

Camat Cibarusah Muhamad Kurnaepi menambahkan, pihaknya mendukung penuh kegiatan program P2WKSS di Desa Ridogalih. Beberapa pembangunan infrastruktur juga sudah mulai dilakukan dalam persiapannya.

“Ya, kita mendukung penuh kegiatan P2WKSS ini, baik dari pemerintah desa, kecamatan hingga kabupaten bersama-sama bersinergi. Kita sudah mengecek ke lapangan dalam persiapan yang dilakukan diantaranya, pembangunan badan jalan yang sudah diratakan, dan fasilitator juga sudah beberapa kali mengunjungi desa melakukan pembinaan kepada warga yang akan menjadi kader,” ujarnya.

Kurnaepi mengungkapkan, terkait lokasi program P2WKSS kali ini secara strategis adalah merupakan wilayah pertanian. Oleh sebab itu dukungan dari semua SKPD terkait akan membantu keberhasilan program ini.

“Konsepnya nanti di sana ada berbagai macam fasilitas seperti taman baca, kolam ikan, tempat berkumpul ramah anak, juga BUMDes dan UMKM. Termasuk juga kalau kita lihat di realisasi pembangunan tahun ini perbaikan sarana dan prasarana juga sudah mengarah ke sana,” terangnya.

Kepala Desa Ridogalih, Komarudin mengaku antusias dalam menyambut dan menjalankan program P2WKSS di desanya. Selain membawa dampak positif bagi masyarakat setempat, diharapkan kegiatan ini juga dapat membawa dampak yang jauh lebih besar bagi Desa Ridogalih.

“Karena kegiatan ini manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Selaku pemerintah desa tentunya kami bersyukur kegiatan ini dapat dilaksanakan di Desa Ridogalih. Kita berharap dengan program ini, kita jauh lebih semangat dalam membangun Desa Ridogalih sebagai desa wisata di Kecamatan Cibarusah,” ujarnya.

Reporter : Nur Rachman Akbar
Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Jaga Kesehatan Peserta MTQ, PMI Kabupaten Bekasi Siagakan Ambulans dan Tim Medis
PEMERINTAHAN   Apr 25, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Tekankan Pentingnya Inovasi dan Teknologi dalam Penanggulangan Bencana
PEMERINTAHAN   Apr 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ade Muksin Terpilih Sebagai Ketua PWI Bekasi Periode 2024-2027, Pemkab Bekasi Beri Selamat
PEMERINTAHAN   Apr 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Cegah DBD Kepala Puskesmas Sukadami Ajak Masyarakat Budayakan PHBS
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Sukseskan MTQ ke-38 Jawa Barat, Pemkab Bekasi Gerakkan Perangkat Daerah dan Unsur Masyarakat
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik